Kecerdasan Terkait Dengan 500 Gen Tubuh

Kecerdasan juga tercermin dalam gen dan DNA Anda. Sebuah penelitian terbaru menemukan kecerdasan berakar pada gen kita yang jumlahnya sekitar 500.

Pada penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa sekitar 50 hingga 75 persen kecerdasan diwariskan. Sisanya, datang dari pengasuhan, lingkungan, dan pendidikan. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Reviews Genetics pada Januari lalu juga mengungkap perbedaan DNA seseorang bisa menentukan daya waris kecerdasan sebesar 20 hingga 50 persen.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Nature Genetic pada 2017 juga menghubungkan kecerdasan dengan 52 gen di tubuh manusia. Dalam penelitian terbaru dan terbesar, para peneliti dari Edinburgh University dan Harvard University mencari tahu dasar genetik dari kecerdasan. Hasilnya, mereka menemukan ratusan gen baru terkait dengan kekuatan otak.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry tersebut membandingkan DNA lebih dari 240.000 orang di seluruh dunia. Selanjutnya, peneliti melihat nilai subyek berdasarkan penilaian lisan dan numerik yang diberikan untuk mengukur kecerdasan. Dari hasil tersebut, para peneliti menemukan bahwa kecerdasan bisa dikaitkan dengan 538 gen.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa gen yang mempengaruhi kecerdasan juga terkait erat dengan proses biologis lain seperti lama hidup. Biasanya, seseorang yang cerdas hidup lama, selalu dikaitkan dengan sebab-sebab sosial. Misalnya saja pendidikan atau pekerjaan yang lebih baik membawa standar kehidupan yang lebih tinggi dan sehat. Namun, pada penelitian tersebut menemukan bahwa memang orang cerdas secara biologis lebih bugar.

Sumber : https://sains.kompas.com/read/2018/03/15/173500123/temuan-baru--kecerdasan-terkait-dengan-500-gen-tubuh