Kebiasaan buruk yang menjadi penyebab wajah kusam

Kebanyakan perempuan ingin punya wajah cerah dan bersih. Berbagai perawatan khusus untuk kulit wajah pun dilakukan. Tampaknya hal itu tetap saja tidak membuat wajah terbebas dari kotoran yang pada akhirnya membuat wajah kusam. Kebiasaan yang buruk menjadi penyebab wajah kusam. Untuknya dibutuhkan kesadaran atas setiap kebiasaan yang buruk untuk dihindari.

Wajah kusam sepertinya merupakan masalah dari sebagian besar orang, terutama orang dengan jenis kulit berminyak. Minyak berlebih di wajah dapat membuat kulit terlihat kusam.
Namun, sebenarnya juga ada kebiasaan yang membuat kulit wajah kusam. Salah satunya adalah apabila anda tidak membersihkan wajah anda sebelum tidur, apalagi jika anda pengguna makeup. Biarpun anda hanya menggunakan bedak tabur dan liptint saja, membersihkan wajah dengan teknik double cleansing adalah hal yang wajib. Anda tidak tahu apa saja yang bisa ‘hinggap’ di wajah anda: Polusi, debu, kotoran.
Apabila anda memiliki pori-pori yang besar dan kulit anda berminyak, tidak membersihkan wajah dengan benar dapat membuat pori-pori anda tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Teknik double cleansing dapat dilihat disini: