Kata “menyerah” tidak terdaftar dalam kamusnya

images (9)

Ketika ditawarkan kakaknya, Tony Febrianto langsung mengiyakan ajakan untuk mengembangkan bisnis sabun herbal bersama-sama. “Bisnis kosmetik nggak akan ada matinya,” tuturnya percaya diri. Selain itu, pasar di Indonesia untuk sabun herbal yang bebas alkohol dan detergen pun masih belum jenuh alias belum banyak pesaing. Pengusaha muda ini yakin inilah waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis di bidang kosmetik herbal.

Sayangnya, posisi Indonesia sebagai negara kepulauan menyulitkan Tony untuk mencapai pasar-pasar yang terletak di daerah. Tak ada kata menyerah, Tony pun memutar akal supaya jarak tak jadi hambatan dalam mengembangkan bisnis. Ia merancang rencana untuk meraih pasar di daerah lewat online marketplace. Usahanya berbuah manis. Kini, usaha sabun yang dia miliki berdiri kokoh dan sedang melebarkan sayapnya ke seluruh wilayah Indonesia.

“Cita-cita harus diusahakan sampai tercapai, tetapi harus dengan kesabaran.”

– Tony Febrianto

Apa pelajaran yang dapat disimpulkan?

SUMBER :

Terkadang hambatan terbesar harus dilihat sebagai peluang terbesar. Dalam hal usaha , bagaimana mengatasi sebuah permasalahan yang besar dimana sebagian besar orang gagal kemudian kita bisa melewatinya adalah sebuah pencapain besar dan juga pembeda antara orang sukses dan tidak. Kesuksesan besar harus dipertaruhkan dengan hal-hal yang besar pula.