Kapan Sistem Informasi dibutuhkan?

Dewasa ini, Sistem Informasi memang sangatlah dibutuhkan. Akan tetapi, kapan waktu yang tepat ketika Sistem informasi dibutuhkan?

Sistem informasi biasanya dibutuhkan dalam organisasi yang menggunakan komputer dalam operasinya. Tidak hanya organisasi yang sudah menggunakan komputer membutuhkan sistem informasi, organisasi yang belum menggunakan sistem komputer juga memerlukan sistem informasi untuk memudahkan pemrosesan, penyimpanan, analisis, dan pengumpulan data. Sistem informasi dapat digunakan saat membuat suatu organisasi yang memerlukan pengelolaan data atau saat pemindahan sistem dari sistem fisik (tertulis dsb) menjadi sistem komputerisasi.

Sumber: https://hbr.org/1976/11/how-effective-managers-use-information-systems

istock_000009693109xsmall

Pada zaman sekarang ini sistem informasi sangat dibutuhkan oleh seluruh perusahaan besar maupun menengah. Setiap perusahaan pasti memiliki system informasi, itu menjadi syarat suatu perusahaan untuk berkembang di era sekarang ini. Sangat banyak peran system informasi pada suatu perusahaan. Sistem informasi dibutuhkan saat melakukan berbagai hal seperti : Saat penentuan tujuan dan sasaran perusahaan, saat perumusan strategi, saat melakukan penyusunan program kerja, saat pngorganisasian, saat penyelenggaraan kegiatan operasional, untuk proses pengawasan, untuk proses penilaian, dan untuk penggerakan SDM agar efektif.

Sumber :
http://www.sentranet.co.id/component/content/article/46-ict-world/93-apa-itu-sistem-informasi-manajemen.html

Sistem Informasi sangatlah dibutuhkan dalam segala bidang atau pun instansi.Penggunaan Sistem Informasi saat ini sangatlah berkembang pesat seiring dengan banyaknya kebutuhan terhadap informasi yang dibutuhkan. Fungsi lainnya adalah mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarkan informasi dari lingkungan organisasi dan operasi internal untuk menunjang fungsi organisasi serta melakukan pengambilan keputusan, komunikasi, koordinasi, pengawasan, analisis, dan penggambaran.

Sistem informasi dibutuhkan saat beberapa proses berikut ini :merekam /mengumpulkan data mentah dari dalam atau luar organisasi,mengubah data input mentah menjadi bentuk yang berarti,mengirimkan informasi yang telah diproses ke orang-orang yang menggunakan informasi.

sumber :