Kapan sebaiknya product roadmap dibuat ?

Dalam pembuatan product roadmap ada waktu yang tepat atau ada hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuatnya, kapan product roadmap dibuat ?

Roadmap harus dibuat pada tahap awal perencanaan produk, tanpa peta jalan akan sulit untuk membayangkan atau membangun produk itu sendiri, Peta jalan akan membantu untuk mengerucutkan atau merampingkan pengembangan produk dan proses peluncuran. Tanpa peta jalan akan sulit untuk mempresentasikannya kepada para investor .

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan diselesaikan sebelum membangun roadmap produk :

  • Dengarkan stakeholder anda baik internal maupun eksternal. Sertakan pelanggan, staf penjualan, staf pendukung, insinyur, eksekutif, dan pemasar. Feedback mereka sangat berharga dan suara semua orang harus dipertimbangkan ketika memberikan pendapat pengembangan produk.
  • Setelah menganalisis stakeholder, gunakan feedback mereka untuk membantu menentukan masalah yang akan dipecahkan oleh produk yang akan dibuat.
  • Setelah menentukan masalah yang ingin dipecahkan, lalu haruslah merelasikan masalah dengan sumber daya, strategi, dan pertimbangan lainnya.
  • Validasi hipotesis dengan persona pembeli, persona pengguna, eksekutif, pemimpin penjualan, pemasar, dan insinyur.
  • Terakhir, komunikasikan rencana secara visual dengan menggunakan product roadmap untuk mengkomunikasikan apa yang akan diberikan kepada stakeholder dan pengguna.

Referensi :