Kapan istilah basis data ditemukan?

Database adalah kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas (file) yang saling berhubungan (relation) dengan tatcara yang tertentu untuk membentuk data baru atau informasi. Atau basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan (relasi) antara satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan skema atau struktur tertentu. Pada komputer, basis data disimpan dalam perangkat hardware penyimpan, dan dengan software tertentu dimanipulasiunruk kepentingan atau keguanaan tertentu. Tapi taukah kalian tentang sejarah database?

Istilah “database” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal yang di luar bidang elektronika, artikel mengenai database komputer. Catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi danm kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.


Sebenarnya sistem basis data manual sudah muncul tahun 1880-an diakibatkan sensus penduduk di US, alat dibawah ini bernama “Punchcard” yang populer pada tahun 1910-an sampai 1960-an sebelum akhirnya computerised database ditemukan

Kemudian ada pula basis data dengan sistem file yang muncul sekitar tahun 1958-an.


Basis data yang terkomputerisasi berawal pada tahun 1960-an, ketika penggunaan komputer menjadi pilihan yang lebih hemat biaya bagi organisasi swasta. Ada dua model data populer dalam dekade ini: model jaringan yang disebut CODASYL dan model hirarkis yang disebut IMS. Salah satu sistem database yang terbukti sukses secara komersial adalah sistem SABRE yang digunakan oleh IBM untuk membantu American Airlines mengelola data pemesanannya.

Jadi, jawaban dari kapan istilah database ditemukan adalah pada tahun 1960.

Saat ini, tiga perusahaan database terkemuka di dunia western adalah Microsoft, IBM, dan Oracle.

sources

http://avant.org/project/history-of-databases/
http://www.quickbase.com/articles/timeline-of-database-history

Pengenalan istilah kata “basis data” atau database bertepatan dengan ketersediaan tempat penyimpanan akses langsung dari pertengahan tahun 1960an dan seterusnya. Istilah ini mewakili kontras dengan sistem tape-based masa lalu, memungkinkan penggunaan interaktif bersama pemrosesan batch harian.

image

Kamus Inggris Oxford mengutip sebuah laporan pada tahun 1962 oleh System Development Corporation of California sebagai yang pertama menggunakan istilah “basis data” dalam pengertian tertentu.