Kampung warna-warni selain Jodipan, Adakah?


(Okareza Eka) #1

Jodipan, mungkin hampir setiap orang utamanya para traveller mengetahui objek wisata ini, Jodipan terletak di Kota Malang, sangat dekat dengan Stasiun Kota Malang, sehingga mudah untuk dijangkau meskipun hanya dengan menggunakan transportasi umum, alias angkot.

Karena saya sudah pernah mengunjungi tempat wisata ini, yaitu Kampung Warna Warni di Jodipan, saya penasaran apakah ada tempat lain yang juga memiliki karakteristik yang sama dengan kampung di Jodipan ini?

Jika ada mohon informasi lengkapnya ya! Terimakasih.


(ahyarm) #2


Kampung Code, Yogyakarta

KompasTravel - Kampung Code dahulu terkenal sebagai pemukiman kumuh di Yogyakarta. Tahun 1980-an, Romo YB Manguwijaya, arsitek sekaligus pemuka agama Katolik bersama mahasiswa menata kawasan tersebut agar mengikuti kontur alam. Pada 2015 rumah dan atap Kampung Code dicat warna-warni agar menyerupai pemukiman atau favela di Rio de Janeiro. Sama-sama memiliki kontur berbukit dan berwarna-warni.


Kampung Warna-warni Bogor, Jawa Barat

KompasTravel - Kampung warna-warni di Bogor ini terletak di Kelurahan Katulampa. Pemuda kampung menjalankan ide mengecat rumah dan membuat gambar lanskap Kota Bogor di dinding rumah lima RT (Rukun Tetangga). Warga setempat juga menyulap ruang terbuka menjadi arena lokasi permainan tradisional dan perpustakaan. Juga terdapat operator river tubing, menggunakan ban bekas untuk menyusuri Kali Katulampa di kampung ini.

Kalilo, Banyuwangi, Jawa Timur

KompasTravel - Rumah-rumah di bantaran Sungai Kalilo, Banyuwangi, dicat aneka warna agar menarik wisatawan. Program Banyuwangi Berwarna ini akhirnya berhasil. Masyarakat, mahasiswa, dan pemerintah kabupaten bergotong royong mengubah wajah pemukiman kumuh menjadi lokasi yang cocok untuk berwisata.


Kampung Tiga Dimensi Depok,

KompasTravel - Jawa Barat Akhir tahun 2017, Jalan Danau Tondano Raya di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat menjadi ramai setelah banyaknya gambar tiga dimensi di jalan aspal. Karya seni tersebut dibuat oleh Karang Taruna setempat, terdorong oleh banyaknya kendaraan yang suka ngebut di jalan.
Sungai Cikao, Purwakarta, Jawa Barat Awal 2018, Sungai Cikao di Purwakarta, Jawa Barat menarik perhatian dengan batu-batu besar yang diwarnai cerah. Uniknya lokasi yang diberi nama Batu Pelangi ini muncul setelah banyaknya vandalisme di bebatuan besar. Kini banyak wisatawan yang sengaja datang untuk berfoto dengan latar batu warna-warni.