Jenis tanaman apa saja yang cocok untuk taman vertikal?


(Nabila Aulia Anwar) #1

1477380745490276608-652x244

Tidak semua jenis tanaman bisa diaplikasikan untuk sebuah taman vertikal. Tanaman yang mampu beradaptasi dan tumbuh dengan baik pada taman vertikal adalah tanaman yang memiliki karateristik tertentu.


(Muhammad Ridho) #2
  1. Soapwort
    Sifatnya tahan panas dan lembat sekaligus membuatnya menjadi tumbuhanmerambat yang disukai banyak orang. Tanaman ini membutuhkan paparan sinar matahari langsung untuk tetap hidup.

  2. Lipstick Plant (Aeschynantus Radicans)
    Lipstick plant atau bunga lipstik, seringkali dijadikan tanaman gantung. Tanaman ini bisa tumbuh baik diluar maupun didalam ruangan. Karakteristik tanaman ini yang tidak butuh tanah yang dalam, membuatnya cocok dan akan hidup jika ditanam di vertical garden.

  3. Kuping Gajah (Anthurium Crystalium)
    Ciri khas yang di miliki oleh tanaman ini adalah daun yang berbentuk hati dengan garis – garis atau urat daun berwarna putih ke perakan. Kuping gajah sendiri terbagi menjadi dua jenis , kuping gajah jenis yang lama mempunyai helai daun yang besar , sedangkan untuk varian yang lebih baru dari kuping gajah helai daun nya lebih kecil .

  4. Hosta
    Di luar negeri hosta atau funkia (giboshi) juga laris dijadikan tanaman kebun vertikal. Daunnya yang variegata dan indah sangat cocok, terutama bagi vertical garden yang tidak terlalu banyak mendapatkan sinar matahari. Hosta adalah tanaman yang evergreen alias perennial.

  5. Sirih Merah
    Sirih merah termasuk jenis tananan rambat. Cukup indah ditempelkan ke dinding pagar atau batang pohon lain.

  6. Lili paris (Chlorophytum comosum)
    Ciri khas dari tanaman jenis ini adalah daun yang kecil memanjang dengan garis putih kekuningan . Tanaman jenis ini sangat mudah dalam perawatan dan juga mempunyai kelebihan tahan terhadap sinar matahari langsung . Namun begitu lili paris akan tumbuh dengan optimal pada daerah atau tempat yang ternaungi dari sinar matahari.

  7. Begonia
    Jika vertical garden kebuners berada di tempat yang terkena sinar matahari paling tidak 2 jam dalam sehari, maka menanam begonia pada vertical garden adalah ide yang bagus. Begonia di Indonesia keunikannya terdapat pada corak daunnya (contohnya begonia iron cross) namun sebenarnya tanaman ini berbunga indah, dan bunganya indah pula. Salah satu contoh adalah begonia summer rainbow F2 keluaran Mr. Fothergills.