Jenis rumput yang biasa dipakai untuk membuat taman

Sebagai salah satu bagian penting dari estetika hunian, taman kerap menghiasi tampilan depan rumah Anda. Setelah diberi tanaman pot dan pijakan kaki, hamparan rumput hias tentunya wajib masuk daftar “berkebun” Anda.

Yaitu :

  1. Rumput Gajah
  2. Rumput Jepang
  3. Rumput Peking
  4. Rumput Swiss
  5. Rumput Golf
Referensi

https://www.suherlin.com/inilah-7-jenis-rumput-untuk-taman-di-rumah-kamu/

Rumput bermuda, rumput gajah mini, rumput swiss, rumput gajah mini putih, rumput gajah besar, rumput peking, rumput manila, rumput jepang.

Rumput bermuda, rumput gajah mini, rumput gajah besar, rumput peking, rumput swiss, rumput manila dan lain-lain.

Beberapa jenis rumput yang dapat digunakan di taman yaitu:

  • Rumput Grinting
    Grinting dapat tumbuh sampai ketinggian 2100meter dari permukaan laut. Tanaman ini mempunyai daya pengikat tanah yang kuat dan tahan terhadap injakan. Rumput grinting cocok untuk ditanam di lapangan olahraga (golf dan sepak bola) serta sebagai penutup tanah di halaman rumah.

  • Rumput Agrotis
    Rumput ini mempunyai perakaran yang dangkal, kerapatannya tinggi dan bertekstur halus. Daunnya berwarna hijau muda dengan helaian yang kecil. Rumput yang tahan akan injakan ini akan tumbuh dengan baik bila ditanam di dataran tinggi. Rumput ini cocok untuk ditanam di daerah green maupun taman yang terletak di dataran tinggi.

  • Rumput Gajahan
    Rumput gajahan merupakan rumput yang tumbuh berumpun dan berbunga sepanjang tahun. Rumput ini tahan terhadap pangkasan dan injakan. Rumput gajahan sangat menyukai tanah gembur yang berkompos dan dapat tumbuh baik di tempang yang ternaungi. Rumput ini cocok ditanam sebagai penutup tanah baik di taman yang ternaungi maupun tidak ternaungi atau sebagai penutup tanah pada taman bermain.

  • Rumput Manila
    Rumput manila atau rumput king merupakan rumput penutup tanah yang baik. Rumput manila mempunyai rimpang yang kuat dan bercabang ke segala arah. Biasanya ujung daun selalu menggulung ke dalam. Rumput manila tumbuh baik pada tanah berpasir, tanah liat berpasir atau tanah yang banyak mengandung garam. Pertumbuhan rumput ini dipengaruhi oleh keadaan lingkungannya. Misalnya di tempat yang lembab dan agak ternaungi, daunnya akan lebih halus dan panjang dibandingkan rumput yang tumbuh di tempat terbuka. Rumput manila banyak digunakan sebagai penutup lapangan olahraga, penutup pada taman bermain, taman di halaman rumah, maupun sebagai hiasan pada taman parkir mobil.

Referensi:
Kumurur, V. A. 1998. Rumput Lansekap Untuk Lapangan Olahraga, Taman, dan Areal Parkir . Depok: Penebar Swadaya.

Salah satu jenis rumput yang paling cocok ditanam di halaman atau taman rumah adalah rumput hias. Jenis rumput hias yang bisa dipilih juga cukup banyak dan cocok untuk digunakan untuk perumahan yang berada di negara kita. Selain itu, cara menumbuhkan dan merawat jenis rumput taman juga tidak susah yaitu dengan memangkas dan memupuknya secara berkala.

  1. Rumput Gajah Mini


    Sesuai namanya, jenis rumput gajah mini adalah varian jenis rumput gajah yang berukuran lebih kecil. Jenis rumput ini sering dipilih oleh desainer interior karena ukurannya yang pas untuk berbagai desain taman rumah, terutama di halaman rumah minimalis yang berukuran kecil. Jenis rumput ini memiliki karakter yang cukup unik yaitu pola pertumbuhan yang menyamping. Jadi, ukuran daun yang tidak tinggi dan condong merayap ke samping yang menjadikannya tidak perlu pemangkasan rutin. Banyak yang menjadikan jenis rumput gajah mini sebagai jenis rumput favorit karena tidak membutuhkan banyak perawatan, tahan cuaca, dan harganya yang terjangkau.

  2. Rumput Gajah Mini Varigata


    Jenis rumput ini disebut juga rumput gajah mini putih. Jika dilihat dari ukurannya, jenis rumput gajah varigata memiliki ukuran yang sama dengan rumput gajah mini biasa, hanya saja terdapat garis-garis putih pada jenis rumput gajah varigata ini. Dari segi karakteristik, rumput gajah mini varigata juga tahan terhadap cuaca dan minim perawatan. Akan tetapi, karena bentuknya yang unik, jenis rumput ini umumnya sedikit lebih mahal dibandingkan jenis rumput gajah mini biasa.

  3. Rumput Gajah Besar


    Masih dalam jenis rumput gajah yang sama, jenis rumput gajah besar berukuran lebih besar dan kerap ditemui di lahan lapangan bola ataupun halaman rumah yang berukuran besar dan luas. Ukurannya yang besar menjadikan jenis rumput gajah besar lebih tahan terhadap pijakan kaki manusia. Perawatan jenis rumput gajah besar pun sangat mudah karena kamu tidak perlu terlalu sering menyiraminya dengan air, cukup sesekali saja secara rutin. Meskipun memiliki ukuran yang besar, harga jenis rumput ini tetap terjangkau.

  4. Rumput Manila


    Jenis rumput Manila merupakan jenis rumput ZM yang biasanya sering dipakai sebagai rumput lapangan sepakbola. Jenis rumput ini tergolong berkualitas tinggi dengan warna hijaunya yang pekat dan elastisitas yang baik. Kekuatan jenis rumput Manila juga sangat tinggi dan tahan terhadap pijakan kaki manusia. Meski begitu, jenis rumput ini butuh perawatan rutin. Kamu harus memberi pupuk, memangkas, dan menyiraminya dengan air secara rutin. Jenis rumput Manila mampu tumbuh di tanah berpasir dan sangat ideal untuk mengendalikan erosi. Bagi kamu yang punya budget ekstra, jenis rumput Manila ini bisa dijadikan pertimbangan untuk pekarangan rumah impian.

  5. Rumput Jepang


    Jangan buru-buru mengira jenis rumput ini diimpor dari Jepang, ya karena pemberian nama ini sama sekali tidak ada kaitan dengan negara Sakura. Hampir sama tekstur dan rupanya dengan jenis rumput Manila, jenis rumput Jepang merupakan jenis rumput pilihan yang sering digunakan di halaman rumah. Bentuknya yang meruncing dan tipis menjadikan jenis rumput Jepang tampil lebih rata, rapat, dan halus. Akan tetapi, karena bentuknya juga yang runcing dan tipis, jenis rumput ini sering disebut sebagai rumput jarum. Kamu mungkin akan merasa kurang nyaman saat duduk diatas jenis rumput Jepang karena akan terasa sedikit sakit seperti tertusuk.

  6. Rumput Peking


    Hampir mirip dengan rupa jenis rumput jepang, jenis rumput peking tampil kurus, runcing, dan rapi. Umumnya, jenis rumput peking tumbuh lebih jarang dibandingkan jenis rumput Jepang. Jika tidak secara rutin dirawat, maka jenis rumput peking bisa tumbuh lebat dan bagian bawahnya akan menguning karena tidak terkena cahaya matahari. Jenis rumput peking ini lebih sering ditanam di bagian yang tidak dilalui pijakan kaki manusia.

  7. Rumput Swiss


    Sebagai jenis rumput yang paling halus, jenis rumput Swiss tampil sangat memesona dan rapi. Tidak heran jika jenis rumput Swiss tergolong jenis rumput yang mahal karena rupanya yang indah. Perawatan jenis rumput ini membutuhkan ketelatenan tinggi, yaitu dengan menjaga kelembapan rumput serta secara rutin memotong dan memberi pupuk jenis urea untuk mencegah tumbuhnya rumput liar yang berbahaya bagi jenis rumput Swiss. Tampilannya yang cantik dan memesona menjadikan jenis rumput Swiss ini memiliki rata-rata harga yang cukup mahal. Akan tetapi, jika kamu memiliki budget ekstra, tidak ada salahnya memperindah taman atau halaman rumahmu dengan jenis rumput ini.

  8. Rumput Golf


    Sesuai namanya, jenis rumput golf adalah sama dengan jenis rumput yang dipakai di lapangan golf. Budidaya jenis rumput ini kian marak sehingga sekarang pekarangan rumah juga bisa menggunakan jenis rumput golf yang terkenal indah dan adem. Bentuknya yang bergelombang dan teksturnya yang lembut membuat jenis rumput golf ini menjadi salah satu yang paling favorit. Pertumbuhannya yang vertikal membuat cara memotong jenis rumput golf juga tidak sulit. Hanya saja, harus berhati-hati saat merawat jenis rumput ini supaya senantiasa tumbuh subur.

Referensi

dekoruma.com

https://www.dekoruma.com/artikel/67015/jenis-rumput-taman-rumah

JENIS RUMPUT YANG COCOK UNTUK DI TAMAN

1. Rumput Jepang

1jpg
Rumput Jepang memiliki bentuk yang meruncing, kurus, dan tipis sehingga akan terasa menusuk jika diduduki. Rumput ini tumbuh dengan rapi dan rapat. Karakter tersebut membuat rumput ini menjadi primadona di antara rumput hias.

2. Rumput Swiss

2jpg
Rumput Swiss adalah jenis rumput yang memiliki tekstur paling halus di antara jenis rumput lainnya. Rumput ini terlihat rapi, sehingga cocok sebagai penghias taman idaman Anda.

3. Rumput Gajah

3jpg
Rumput gajah besar memiliki tekstur yang kasar dan helaian daunnya berukuran paling besar di antara varian rumput gajah yang lain. Ukurannya yang besar dan tekstur yang kasar membuat rumput ini kuat dan tahan lama. Perawatannya cukup mudah, yaitu hanya perlu disiram sesekali dan harganya pun terjangkau.

Referensi

https://www.rumah.com/panduan-properti/mengenal-9-jenis-rumput-untuk-rumah-idaman-dan-cara-perawatannya-19701