Jenis Panci Apa Saja yang Biasa Digunakan dalam Memasak?

Panci yang tepat dapat membuat masakan yang nikmat, benarkah itu?

Jenis Panci Stock Pot

Jenis panci Stock Pot ditandai dari bentuknya yang besar, dalam dan berdasar rata. Jenis panci Stock Pot cocok untuk memasak makanan berbentuk cair dalam waktu yang cukup lama. Stock Pot sering digunakan untuk memasak jenis masakan cair seperti sup atau kaldu, karena itulah dinamakan Stock Pot alias panci kaldu.

Selain itu, jenis panci Stock Pot juga memiliki profil struktur yang tinggi. Oleh karena itu, jenis panci Stock Pot juga sering digunakan untuk merebut pasta karena posisi pasta yang tinggi tegak bisa terendam dengan sempurna di dalam panci Stock Pot.

Panci Stock Pot terdiri dari berbagai macam jenis dan ukuran. Jika kamu lebih sering menjamu tamu dalam jumlah kecil, pilih saja jenis panci Stock Pot yang berukuran kecil hingga sedang. Namun, jika kamu butuh memasak dalam jumlah besar seperti acara khusus atau untuk dijual kembali, pastikan kamu memilih jenis panci Stock Pot yang solid dan berukuran besar.

  1. Panci Penggorengan
    Jenis panci yang satu ini pasti tidak asing lagi. Dengan nama Fry Pan atau Skillet, jenis panci penggorengan ini sudah merupakan benda wajib di dalam dapur. Jenis panci penggorengan ini didesain dengan dasar yang rata dan berbentuk bulat di setiap sisinya.

    Desain ini memang dirancang sedemikian rupa supaya minyak cepat panas dalam waktu yang singkat. Alhasil, hasil masakan juga bisa cepat tersaji dengan baik.

    Jenis panci penggorengan fry pan juga terdiri dari berbagai bahan dan ukuran. Pastinya panci penggorengan ini tidak dilengkapi dengan penutup, karena biasanya urusan menggoreng dengan jenis panci fry pan juga cukup ringkas dan cepat.

  2. Panci Besi Skillet
    Jenis panci Skillet bentuknya hampir sama dengan jenis panci fry pan, tapi ada 2 perbedaan mencolok yang wajib diperhatikan.

    Pertama adalah cara perawatan dan kedua adalah jenis material yang berbeda, dimana panci jenis skillet ini terbuat dari besi yang berat.Sedangkan cara merawat panci besi skillet yang benar adalah:

    Menghindari merendam air terlalu lama karena akan berkarat Harus selalu dilap kering setelah selesai dicuci bersih Membersihkan panci skillet; dilap dengan kertas tissue dan direndam dalam air hangat yang telah diberikan cairan sabun lalu dilap kering. Saat membeli panci skillet, pastikan kamu memegangnya seperti saat hendak memasak. Ini penting untuk mengestimasi berat jenis panci skillet yang sesuai dengan tenagamu. Beli juga jenis panci skillet yang anti lengket karena jenis panci ini cenderung cepat lengket jika menyentuh bahan masakan.

  3. Panci Tumis Sayuran (Sauté)
    Jenis panci tumis ini juga hampir menyerupai bentuk jenis panci fry pan, biasanya telah dilengkapi dengan penutup yang berukuran serupa. Panci Sauté biasanya digunakan untuk memasak makanan yang harus diaduk dengan cepat di dalam panci. Dasar jenis panci Sauté berbentuk rata tetapi bagian sisinya biasanya datar dan lebih dalam daripada jenis panci fry pan.

    Karena bentuknya yang cukup unik, jenis panci Sauté juga sering bisa digunakan untuk memasak beberapa masakan lain, termasuk untuk menggoreng, membakar daging atau steak, dan juga memasak saus makanan. Bentuknya yang cekung ke dalam akan memudahkan memasak rata-rata jenis masakan tanpa harus khawatir terciprat minyak atau bahan makanan itu sendiri.

  4. Panci Saus
    Jenis panci saus memiliki bentuk bundar dan tinggi dengan bagian sisi yang rata. Bentuknya juga tergolong cukup multifungsi alias bisa digunakan untuk berbagai kegiatan masak, termasuk membuat sup dalam jumlah yang lebih sedikit serta memasak saus.

    Jenis panci saus juga biasanya sudah dilengkapi dengan penutup untuk mengkontrol penguapan. Boleh dibilang, panci saus ini adalah jenis panci yang juga wajib dimiliki oleh setiap dapur. Pasti kamu juga sering memanaskan kembali sayuran atau sup dengan jenis panci saus ini, termasuk memasak bubur hingga merebus telur atau mie instan.

  5. Panci Braiser
    Jenis panci braiser mungkin agak jarang ditemukan di dapur yang sering memasak masakan Asia. Tetapi, jenis panci ini punya banyak keunggulan yang hebat loh! Panci Braiser berukuran besar dengan dasar yang rata dan telah dilengkapi dengan penutup untuk mengunci kelembaban dan citra rasa masakan.

    Panci Braiser bisa digunakan untuk berbagai fungsi dari slow cook hingga dimasukkan ke dalam oven untuk dipanggang lebih lanjut. Beberapa panci Braiser juga sering dihidangkan di meja makan setelah selesai dimasak, tentunya untuk menjaga hasil masakan agar tetap panas dan lezat.

  6. Panci Panggang (Grill Pan)
    Jenis panci Grill Pan tampak sekilas seperti raket karena berbentuk lebar di ujung dengan permukaan yang rata. Kamu cukup menggunakan sedikit minyak untuk jenis panci grill pan karena memang tidak didesain untuk menampung banyak cairan.

    Panci panggang ini bisa digunakan untuk memanggang berbagai jenis menu makanan, seperti hash brown, telur, hingga pancake dalam waktu bersamaan tergantung dari ukuran grill pan itu sendiri.

    Jenis panci ini juga biasa berbentuk bulat atau persegi dengan pegangan yang panjang. Terkadang, jenis panci Grill Pan memiliki cekungan atau garis tertentu supaya hasil panggangan terlihat cantik dengan gurat-gurat hasil panggang.

  7. Wok
    Bagi yang hobi memasak atau menyantap masakan Asia, pasti sudah tahu jenis panci Wok. Berbentuk tinggi dengan sisi curam ke bawah, Wok biasanya berdiameter sekitar 25 cm dan terbuat dari besi jenis karbon.

    Bagian bawah wok biasanya cepat panas dan bagian atasnya terbuka supaya suhu cepat turun agar kualitas masakan terjaga. Selain itu, memasak dengan wok juga memudahkan pergerakan bahan-bahan di dalam panci untuk mengontrol rasa dan suhu. Jenis wok paling cocok digunakan untuk menggoreng cepat, mengukur, hingga menggoreng lama (deep fry).

Referensi

https://www.dekoruma.com/artikel/25887/jenis-panci-paling-penting