Jenis Ikan Air Tawar Yang Dibudidayakan Di Indonesia

Jenis ikan air tawar yang dibudidayakan di Indonesia

Di Indonesia ada banyak ikan yang dapat dikonsumsi, baik bersumber dari air tawar dan air laut. Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika dibudidayakan dan dibudidayakan dengan baik. Tetapi dari jenis ikan ini, yang lebih mudah dibudidayakan adalah jenis ikan air tawar, karena tidak tergantung pada tempat dan area terbatas seperti ikan laut. Jenis ikan air tawar sesuai dengan penggunaannya diklasifikasikan menjadi dua, yaitu kelompok ikan hias dan kelompok ikan konsumsi. Dari dua kelompok ikan ada beberapa jenis ikan yang dapat diklasifikasikan ke dalam kelompok ikan hias serta ikan konsumsi. Jenis ikan air tawar ini dapat dikonsumsi secara bersamaan juga dapat digunakan sebagai ikan hias karena keindahan tubuh seperti ikan sepat dan ikan mas.

Kelompok ikan hias memiliki banyak jenis dengan berbagai ukuran tubuh dan warna tubuh. Jenis ikan hias umumnya bukan untuk dikonsumsi, tetapi untuk dipertahankan sebagai dekorasi komplementer kecantikan di taman atau di ruang tamu. Kelompok ikan konsumsi memiliki banyak jenis dengan berbagai ukuran tubuh dan warna tubuh. Jenis ikan yang diklasifikasikan sebagai konsumsi ikan sangat cocok untuk makanan. Jenis -jenis ikan konsumsi memiliki tingkat produktivitas daging yang tinggi sehingga cocok sebagai bahan makanan. Jenis konsumsi ikan jika sumur yang dibudidayakan dapat memberikan hasil yang tinggi (ton per satuan luas) sehingga dapat memberikan manfaat tinggi.

Berbagai jenis ikan air tawar yang telah diberantas dari perairan publik ke kolam akuakultur seperti banyak nama ikan dan nama Latin mereka berikut:

  1. Nila (Tilapa nilotica L)
  2. Nilem Fish (Otiochilus haseeltii)
  3. CARP/TOMBORO (Cyprinus Carpio L)
  4. Tawes Fish (Puntius Javanicus)
  5. Ikan Sepat Siem (Trichogastio Pectoralis R)
  6. Ikan Gouramy (Ospyronemus Gouramy)
  7. Ikan Cork (Ophiocephalus stariatus)
  8. Fish Betok (Anabas testudineus Bloch)
  9. Ikan Biawan (Helostoma Temminchii C.V)
  10. Patin Ikan (Pangasius Pangasius)
  11. Tomers Pertama (Ophiocephalus micropeltes)

Dari sekian banyak ikan air tawar, jenis gouramy, nila, dan ikan mas adalah ikan air tawar yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Nilai penjualan yang tinggi dari permintaan dan kebutuhan ikan ini yang terus ada dapat menjadi pertimbangan pentingnya pertanian ikan.

[http://ikantawar.com/]