Jenis dan Harga Gigi Palsu Lengkap 2017

image

Kita beruntung hidup di era modern, dimana segala hal bisa tiru. Berbeda dengan nenek moyang kita yang dulu menggunakan tulang ikan hiu dan tulang binatang lain sebagai bahan untuk membuat gigi palsu. Hingga akhirnya, di jaman Industrialisasi, Nelson Goodyear pun menemukan bahan pembuat gigi palsu yang aman dan lebih ramah lingkungan, yakni Vulcanite.

Gigi Palsu Lepasan Akrilik
Jenis gigi palsu ini merupakan yang paling murah dan sering digunakan. Proses pemasangan gigi palsu lepasan pun tidak sakit karena dalam gigi lepasan tersebut, terdapat kawat yang akan mengaitkan ke gigi lain di sebelahnya yang masih sehat. Dengan cara tersebut, gigi palsu akan tetap menempel pada rahang gigi. Bahan yang digunakan dalam gigi palsu lepasan adalah akrilik, yakni semacam zat yang aman dan mudah dimodifikasi. Tak heran jika bentuk gigi palsu akrilik dapat disesuaikan dengan bentuk gigi di sekitarnya. Harga gigi lepasan akrilik atau porselen mulai dari 100 ribu rupiah.

Gigi Palsu Logam
Pilihan lain dalam memilih gigi palsu adalah yang terbuat dari bahan logam. Dari segi pemasangan, model gigi palsu logam mirip dengan gigi palsu akrilik yang memerlukan kawat untuk menopang gigi ini. Jenis ini umum dipakai oleh orang yang kehilangan serentetan gigi (biasanya orang tua) yang ingin memiliki tampilan gigi palsu yang terlihat alami. Dari sisi biaya, harga gigi palsu logam ditentukan oleh model gigi yang harus dicetak sesuai dengan kebutuhan.

Gigi Palsu Valplast
Jika Anda mencari gigi palsu lepasan yang bagus, gigi palsu jenis valplast merupakan yang terbaik di kelasnya karena tidak memerlukan kawat tambahan saat pemasangan. Dari segi pemakaian, gigi palsu valplast juga lebih nyaman saat digunakan oleh pasien karena bahannya yang lebih tipis menyerupai gigi asli. Apalagi plat gigi palsu valplast juga lentur sehingga mudah digunakan saat mengunyah. Tak heran jenis ini juga sering disebut dengan gigi palsu flexi denture karena tekstur plat yang lebih fleksibel. Harga gigi palsu valplast berkisar mulai dari 700 ribu hingga 1 juta rupiah, tergantung dengan bagian gigi depan atau gigi geraham.

Gigi Palsu Frame
Dari sekian banyak jenis gigi palsu lepasan yang paling bagus, model frame ini yang paling mahal karena harganya saja sudah sekitar 1 juta rupiah (belum termasuk biaya pemasangan gigi palsu). Proses pemasangan gigi palsu lepasan ini sama dengan yang lain, yakni menggunakan plat. Dan untuk model gigi palsu frame, ada tambahan kawat yang mencengkeram ke gigi di sekitarnya sehingga kuat dan bisa digunakan untuk mengunyah makanan yang keras.

Perlu diingat bahwa tiap jenis gigi tiruan tersebut memiliki harga yang berbeda, tergantung dengan berapa jumlah gigi tiruan yang dibutuhkan dan bahan yang Anda pilih. Lakukan konsultasi dengan Dokter ahli gigi dan ketahui keuntungan dan kelemahan masing-masing jenis gigi tiruan. Dengan demikian, Anda dapat memilih jenis gigi tiruan yang sesuai dengan kebutuhan.

Harga Gigi Palsu Permanen
Untuk jenis gigi palsu permanen umumnya memiliki harga yang sedikit lebih mahal karena terbuat dari bahan berkualitas. Belum lagi ditambah dengan biaya pemasangan gigi palsu permanen.

https://www.forumdoktergigi.com/jenis-dan-harga-gigi-palsu-lengkap-2017/