Jelaskan struktur/ unsur ekstrinsik puisi !

Banyak hal yang dapat termasuk sebagai struktur ekstrinsik dari sebuah puisi, dapatkah kalian menyebutkan struktur/unsur ekstrinsik dari sebuah puisi ?

Unsur Ekstrinsik Puisi adalah unsur pembangun puisi dari luar. Dengan kata lain unsur yang yang mempengaruhi baik buruknya puisi dari luar kandungan puisi tersebut. Supaya tidak muter-muter dan membuat semakin bingung, langsung saja inilah unsur Ekstrinsik puisi.

  1. Unsur Biografi
    Unsur boigrafi ini adalah latar belakang pengarang. Latar belakang cukup berpengaruh dalam pembuatan puisi, misalkan penulis puisi yang latar belakangnya berasal dari keluarga miskin, maka jika ia membuat puisi akan sangat menyentuh hati para pembacanya, yang terbawa dari latar belakang penulis sehingga mampu dikesankan dalam sebuah puisi.

  2. Unsur Sosial
    Unsur sosial sangat erat kaitanya dengan kondisi masyarakat ketika puisi itu dibuat. Misalkan puisi itu dibuat ketika masa orde baru menjelang berakhir. Pada saat itu kondisi masyarakat itu sedang sangat kacau dan keadaan pemerintahan pun sangat carut marut, sehingga puisi yang dibuat pada saat itu adalah puisi yang mengandung sindiran-sindiran terhadap masyarakat.

  3. Unsur Nilai
    Unsur nilai dalam puisi ini meliputi unsur yang berkaitan dengan pendidikan, seni, ekonomi, politik, sosial,budaya, adat-istiadat, hukum, dan lain-lain. Nilai yang terkandung dalam puisi menjadi daya tarik tersendiri sehingga sangat mempengaruhi baik atau tidaknya puisi.