Jelaskan peralatan apa saja yang Dibutuhkan untuk Merakit Model Kit ?

tamiya-14117-1-12-yamaha-yzr-m1-2009-fiat-yamaha-team-motogp-scale-model-kit-f584796fa63b89c47d63a43e2891f023

Jelaskan peralatan apa saja yang Dibutuhkan untuk Merakit Model Kit ?

1 Like

Untuk memulai hobi model kit ini maka disarankan untuk memiliki beberapa tools atau alat untuk memudahkan dalam merakit nantinya.

beberapa perlengkapan merakit model kit untuk pemula :

Nipper
Bentuknya seperti tang, cuma nipper memiliki ujung yang rata dan tajam pada bagian pinggir. Biasanya, ujung bagian pemotong ini juga ukurannya ramping dan kecil. Alat ini berguna untuk memotong bagian – bagian model kit dan memisahkannya dari sprue agar lebih mudah dan presisi.

Art Knife
Bentuknya seperti gagang pensil, tapi pada bagian ujungnya memiliki mata pisau cutter yang bisa di ganti sesuai kebutuhan. Kegunannya untuk memotong lebih presisi, atau membuang sisa sprue di model serta menghaluskan bagian yang tidak rata.

Amplas
Kalau alat yang satu ini sudah familiar, Untuk merakit model kits (mokits), sebaiknya siapkan amplas dari grade yang kasar (600) sampai yang halus ( >1000 ). Kegunaannya macam – macam, untuk menghaluskan sisa potongan, sisa putty, meratakan cat dan lainnya.

Lem Mokit
Part yang satu dengan yang lainnya bisa ditempel menggunakan lem khusus mokit seperti Tamiya Cement.

Pinset
Kalau ini kegunaannya sudah cukup jelas, untuk memegang part yang kecil. Selain itu, pinset sangat penting kalau mau menempelkan decals atau stiker pada model kit kita.