Jarak menonton tv yang baik untuk kesehatan mata


Menonton tv ada aturan-aturan yang harus kita taati jika kita tidak ingin efek buruk menghampiri kita. Salah satunya adalah jarak layar monitor televisi ke mata harus mengikuti perhitungan standar yang berlaku secara internasional. Berapa jarak yang baik untuk menonton tv?

Jarak menonton TV tanpa tahu aturan yang benar sebenarnya seperti apa. Pada dasarnya, menonton TV memiliki aturan-aturan tersendiri yang perlu untuk kita ketahui dan lakukan bila tak ingin mendapatkan dampak buruknya bagi kesehatan. Ada perhitungan standar internasional untuk jarak antara layar monitor TV dengan mata kita.

Perlu dan penting untuk diketahui bahwa ada rumus untuk jarak antara layar TV dengan mata kita sebagai penonton, yakni 5 kali diagonal layar. Kesehatan mata dapat terancam apabila kita melanggar aturan jarak menonton TV tersebut. Penting untuk anak-anak kita mengetahui aturan yang benar saat menonton TV supaya mata mereka tak rusak sejak dini.

Bahkan tak hanya menonton TV, bermain game saja dianjurkan untuk tidak dilakukan di rental dikarenakan layarnya yang begitu besar. Perlu bagi kita semua untuk tahu rumus hitungan yang benar demi mencegah mata minus dan bahaya kesehatan mata lainnya serta semuanya itu perlu ditaati akan jarak layar TV ke mata sewaktu kita menonton TV dalam upaya atau cara menjaga mata agar tidak minus, yakni seperti berikut ini:

  • 1,78 meter untuk TV 14 inch
  • 2,16 meter untuk TV 17 inch
  • 2,54 meter untuk TV 20 inch
  • 2,67 meter untuk TV 21 inch
  • 3,67 meter untuk TV 29 inch
  • 4,07 meter untuk TV 32 inch
  • 6,35 meter untuk TV 50 inch

Rabun jauh bisa terjadi pada orang-orang yang tak mengindahkan aturan jarak aman dalam menonton televisi yang sudah disebutkan tersebut. Dengan kata lain, menonton TV dengan jarak yang terlalu dekat menjadi salah satu faktor penyebab rabun jauh. Kebanyakan orang mengikuti tren di mana TV yang digunakan cukup besar dan bahkan lebih besar dari pada umumnya sementara itu ruang untuk menonton TV tergolong kecil sehingga akhirnya jarak penonton dari TV tersebut hanya pendek dan lama-kelamaan mampu mengganggu kesehatan mata.

Referensi