Jangan Takut Gagal

images (52)

Kamu mungkin pernah dan sering gagal dalam melakukan sesuatu (well… saya yakin semua orang pasti pernah gagal walau mungkin terkadang mereka tidak mengingatnya lagi). Mungkin pada saat pertama kali kamu mencoba berjalan, atau ketika mencoba untuk berenang.

Tapi tahu tidak?
R.H. Macy seorang pebisnis top di Amerika, sebelum tokonya di New York berkembang sukses ia telah mengalami kegagalan sebanyak tujuh kali. Bagaimana dengan John Creasey (seorang novelis terkenal dari Inggris)? 753 naskah John Creasey ditolak oleh para editor sebelum akhirnya ia menerbitkan sekitar 564 buku yang laris di pasaran.

Lain lagi dengan Babe Ruth - bintang baseball ternama, dalam catatan karirnya ada sekitar 1.330 kali ia melakukan strike (kegagalan dalam memukul bola), namun ia juga berhasil mencetak 714 home runs sepanjang karirnya.

Pada intinya, jangan pernah takut dengan sebuah kegagalan. Namun kamu memang patut khawatir terhadap kesempatan yang telah engkau lewatkan saat engkau tak berani untuk mencoba melakukan sesuatu.

Seperti sebuah pepatah bijak :
“You may be disappointed if you fail, but you are doomed if you don’t try.” - Beverly Sills-

Apa pesan moral yang dapat disimpulkan?

SUMBER :

Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.