Jangan biarkan mimpimu hilang

'Percaya atau tidak, mimpi apapun bisa hilang jika kamu tidak mewujudkannya. Kecuali jika kamu sungguh-sungguh dalam usaha ‘

Ringan saja, quotes ini hanya mengingatkan kamu bahwa mimpimu bisa hilang jika kamu tidak berusaha mewujudkannya.

Mimpi adalah satu hal yang memiliki dua kategori berbeda namun sama-sama melibatkan seluruh indera manusia. Ada mimpi dalam tidur yang merupakan pengalaman alam bawah sadar dan sering disebut Bunga Tidur. Yang satu lagi adalah mimpi yang dimaksud quotes di atas. Mimpi ini adalah mimpi yang orang-orang bentuk ketika sadar sebagai bentuk harapan atau cita-cita untuk sesuatu yang akan datang atau masa depan. Semua orang yang memiliki mimpi adalah karunia dari Tuhan. Sebab dengan mimpi, hidupnya akan terarah. Dia punya goal di setiap langkahnya karena mimpi-mimpi tersebut.

Sejak kecil, bahkan sejak masih bayi dan belajar berjalan, manusia sudah membuat sebuah mimpi. Yakni mimpi untuk berjalan dan berlari layaknya orang dewasa. Mereka tidak peduli lututnya berulang kali membentur lantai. Meskipun sesekali menangis, tapi mereka terus mencobanya. Sampai orang-orang di sekitarnya memuji akan keberhasilannya berjalan. Kamu pasti salah satunya. ^.^

Jika sekarang kamu telah dewasa, bentuk lagi mimpi-mimpi yang lain karena memiliki mimpi itu penting untuk mengarahkan masa depan yang kamu inginkan. Kamu bisa mencatat semua mimpimu di sebuah nootbook yang selalu kamu bawa bepergian atau di sebuah papan tulis kecil yang kamu pasang di kamarmu, atau di manapun yang bisa setiap hari kamu melihat sehingga mengingat itu semua. Jika ada salah satu mimpimu yang diraih, kamu bisa loh memberikan tanda centang atau lainnya. Seru kan?

Semua orang memiliki banyak mimpi. Mungkin kamu juga salah satunya. Itu tidak masalah sebab kamu juga punya hak atas diri kamu sendiri. Jika kamu bingung dengan mimpi mana yang bisa kamu dahulukan, cobalah berhenti sejenak untuk mendengarkan kata hatimu dan jangan biarkan mimpimu hilang karena waktu. Selain itu, kamu juga bisa meminta saran ke orang-orang terdekat termasuk orang tuamu.

Yang terpenting adalah kamu harus bertanggungjawab dengan mimpi-mimpi itu dengan penuh harga diri. Yah, betapa pentingnya menjaga harga diri termasuk dalam proses perjuangan kamu meraih mimpi. Jangan sampai keinginanmu membutakan mata hatimu sehingga membuatmu celaka. Contoh, kamu bermimpi menjadi orang terkaya di Indonesia namun kamu justru menggunakan dana statis kantor demi mewujudkan mimpimu. Itu sebuah kesalahan.

Untuk menjaga mimpimu tetap ada, kamu juga harus menjaga komitmen. Komitmen dengan melakukan hal positif yang bisa mendekatkanmu dengan mimpi-mimpi itu. Kamu bisa mencoba meraih satu mimpi. Jika gagal, itu sudah biasa. Namun bukan artinya kamu tidak bisa meraihnya. Kamu bisa menyimpan mimpi yang gagal kamu raih satu itu untuk lain kesempatan dan berjuang untuk mimpi yang lain. Memiliki banyak mimpi memang beresiko merelakan beberapa diantaranya untuk tidak bisa kamu raih.

Apapun kegagalan yang kamu alami, kamu harus tetap percaya diri. Kamu pasti bisa menghilangkan rasa pesimis demi mimpimu yang lain. Jika sampai rasa itu muncul, kamu harus segera bangkit. Kamu boleh istirahat, tapi bukan berarti rebahan tanpa melakukan apapun.

Lakukan apapun yang bisa membuatmu nyaman, senang, dan bersemangat lagi. Bermain games Online, berlibur, atau membaca kata-kata motivasi atau lainnya. Apapun yang kamu kerjakan, kamu juga harus mampu mengontrol diri sehingga tidak merugikan dirimu sendiri termasuk dalam proses meraih mimpi.

Jalin relasi sebanyak-banyaknya. Gabung organisasi atau komunitas sesuai minat dan bakatmu juga menguntungkan. Pilih teman positif yang juga bisa memberikan kamu energi positif. Dengan begitu kamu bisa terus berpositif termasuk dengan mimpi-mimpimu. Teman yang positif juga bisa membantumu dalam perjuangan meraih mimpi seperti memberi motivasi ketika kamu gagal nanti loh. Setelah terjalin baik dengan teman-temanmu, cobalah terbuka dengan mereka. Kamu boleh menceritakan mimpi-mimpimu meskipun tidak secara global karena biasanya ada sebuah mimpi rahasia di setiap orang. Dengan begitu teman-temanmu akan memahami apa dan bagaimana yang kamu mau. Teman juga berfungsi sebagai alarm hidup loh. Mereka bisa mengingatkan kamu jika kamu lalai.

Meskipun demikian, kamu tetap harus berhati-hati karena masih banyak sekali manusia bermuka dua. Jadi, cobalah jalin kepercayaan lebih dulu antara kamu dan teman-temanmu.

Dalam meraih mimpi, keseimbangan batin dan lahiriah juga penting. Untuk menjaga mimpi-mimpimu, kamu juga harus rajin berdoa dan beribadah. Usaha tanpa do’a seperti kamu lapar tapi malas memasak nasi. Sedangkan doa tanpa usaha seperti ketika kamu hanya memandangi berasnya berharap bisa menyihir beras langsung menjadi nasi.

Jika akhir-akhir ini kamu jarang mendekatkan diri ke Tuhan, cobalah setelah membaca ini kamu langsung pergi ke tempat beribadah atau berdoa langsung dari rumahmu. Menemui guru-gurumu dan mendengarkan nasihat mereka juga bisa memberikan kamu energi positif. Selain itu, kamu bisa meminta pendapat tentang mimpimu yang gagal atau yang belum tercapai.

Berhati-hatilah dalam mendengarkan apa kata orang. Membuka pintu masuk kritik dan saran untuk mimpi-mimpimu memang perlu. Tapi kamu juga harus bisa membedakan masukan positif dan negatif. Meskipun begitu, kamu tidak boleh egois dan merasa selalu benar. Selain berhati-hati dengan perkataan orang, kamu juga lebih baik berhati-hati dengan apa yang kamu yakini. Kamu bisa saja meyakini si Dia yang kamu impikan adalah jodohmu. Tapi, Tuhan pasti lebih tau siapa jodomu yang sebenarnya. Jadi, jangan sampai kamu membunuh dirimu karena terlalu mendengarkan perkataan orang atau terlalu egois dengan diri sendiri.

Terkadang hidup memang menyebalkan. Apalagi jika kita dihadapkan dengan pilihan sulit seperti pilih dia atau pilih dia yang lain yang keduanya sama-sama terlihat baik. Ini juga salah satu alasan kenapa menjalin pertemanan dan mendekatkan diri dengan Tuhan sangat dianjurkan.

Ini sederhana, ada orang-orang yang memiliki idealisme buruk seperti tidak kaya, tidak cantik, tidak sukses, tidak dikenal, dan lain-lain sehingga mempengaruhi mimpi-mimpi mereka dan membuat mereka kesal. Jika kamu salah satu dari mereka, itu. tidak masalah. Menurut Mark Mansion dalam bukunya, “ Energi emosi negatif adalah satu komponen kesehatan emosional yang harus ada”.

Ini bukan humor. Tapi memotivasimu untuk tidak insecure jika kesulitan menghampirimu.

Gagal memang pengalaman seram yang semua orang tidak pernah menginginkannya. Tapi sama seperti manusia yang, dia sudah dijadwalkan meski pada waktunya mati. Langkah selanjutnya sebelum akhir adalah terus berusaha dengan batas-batas sewajarnya. Terus menggali potensi dengan percaya diri demi prestasi dan menjaga mimpi-mimpimu tetap ada.

Sekarang bayangkan jika kamu sudah dekat dengan salah satu mimpimumimpi terbaikmu. Semakin dekat artinya ada sesuatu yang sudah kamu kuasai lebih baik dari yang lain. Sadari kekuatan yang kamu miliki dan bisa kamu gunakan lagi di mimpi yang lain. Semakin banyak pengalaman artinya semakin banyak kesempatan kamu untuk meraih mimpi-mimpimu.

Jika akhirnya kamu bisa meraih sebuah mimpi atau bahkan semua mimpi yang kamu catat, jangan berpuas diri. Kamu bisa membuat mimpi baru dan berjuang meraihnya atau menyebarkan energi positifmu ke orang lain dengan mengingatkan mereka betapa pentingnya menjaga mimpi.

Semoga mimpimu tidak ada yang hilang ya. Dan semoga terwujud. Terimakasih

6 Likes