Inspiratips : Cara Sederhana Deteksi Bakatmu

image

Saat kecil dulu, mungkin kita pernah memiliki cita-cita mulai dari dokter hingga jadi pemimpin negara. Namun, impian ini pun kian berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Ada juga yang menyimpang jauh karena berbeda dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

Ada trik sederhana buatmu untuk bisa menemukan bakat terpendam yang sampai sekarang belum kamu ketahui :

  1. Bangun rasa penasaran akan kepribadian yang kamu miliki
    Cara ini nggak hanya bisa membantumu menemukan bakat yang terpendam dalam dirimu, tapi kamu juga bisa menemukan di mana letak kesalahan yang dilakukan selama ini. Saat kamu bisa menemukan jawabannya, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memanfaatkannya untuk menuntun langkahmu pada cara berikutnya.

  2. Mulailah untuk mendata semua hal yang paling kamu sukai tersebut ke dalam bentuk tulisan
    Setiap orang tentu memiliki dorongan atau keinginan dalam dirinya pada objek tertentu, atau yang biasa disebut dengan minat. Minat biasanya tumbuh karena kemampuanmu bisa maksimal untuk diaplikasikan di bidang tertentu. Untuk bisa mememetakan bakat yang mungkin kamu miliki, tuliskanlah hal apapun yang menjadi minatmu ke dalam kertas.

  3. Amati aktivitas yang selama ini kamu lakukan
    Cara selanjutnya untuk menemukan bakatmu adalah dengan mengamati aktivitas yang kamu lakukan. Apakah kamu bisa melakukannya dengan cepat atau nggak. Apakah aktivitas tersebut membuat kamu merasa nyaman atau nggak. Karena pada dasarnya bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik.

  4. Dengarkan orang lain.
    Ingatkah kamu tentang ungkapan yang berbunyi “gajah di pelupuk mata tidak kelihatan, kuman di seberang lautan kelihatan”. Ungkapan yang sama juga bisa berlaku dalam melihat bakat yang tersembunyi dalam dirimu. Terkadang orang lain jauh lebih tahu tentang diri kita dibandingkan kita sendiri. Besar kemungkinannya orang lain sudah pernah mengatakan bahwa kamu sangat menguasai bidang tertentu.

Sumber

Perlu dipahami bahwa bakat merupakan kemampuan yang dapat kita lakukan dengan baik, tanpa harus berusaha secara khusus untuk memiliki kemampuan tersebut (kemampuan alami yang kita miliki). Sedangkan minat merupakan kesukaan kita terhadap sesuatu, untuk memiliki kemampuan di bidang yang kita sukai tersebut, diperlukan adanya usaha tertentu.

Kita semua bebas memilih untuk menekuni bakat atau minat, tapi tidak disarankan menekuni keduanya. Karena semakin pikiran dan konsentrasi kita terpecah-pecah, akan semakin berat kita menjalani prosesnya. Entah bakat atau minat yang dipilih dan ditekuni, keduanya pasti membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan usaha yang tidak sedikit untuk akhirnya seseorang berhasil di bidangnya.

Dengan mengetahui bakat dan minat yang Anda miliki, Anda dapat menentukan arah karier secara jelas. Misalnya, jurusan apa yang akan Anda pilih saat duduk di bangku SMA (IPA atau IPS), jurusan apa yang akan Anda pilih saat memasuki jenjang perkuliahan, pekerjaan apa yang akan Anda cari selepas kuliah, dan seterusnya.