Insecurity? Apakah bisa dihilangkan?

Insecure merupakan permasalahan yang kerap kali terjadi pada anak remaja, topik yang menjadi bahan insecure itu kebanyakan soal body image dan achievement. insecure sendiri bisa terjadi pada dirimu disaat kamu sedang merasa kekurangan, malu, bersalah, bahkan sampai rasa tidak mampu akan melakukan sesuatu. Perasaan-perasaan itu akan membuat kamu semakin tidak percaya akan diri kamu sendiri.

Perkembangan sosial media saat ini nampaknya memperluas peluang peningkatan insecure seseorang. Masyarakat makin berlomba-lomba untuk memenuhi standar kecantikan yang di buat oleh masyarakat awam. Menurut Youdics bagaimana sih cara yang tepat untuk mengatasi rasa insecure ini?

Menurutsaya rasa insecure tentu bisa dihilangkan, salah satunya dengan cara jangan fpkus ke pencapaian atau hal-hal yang bagis dari orang lain. Kalian harus fokus ke diri sendiri dan menjadikan pencapaian orang lain itu menjadi motiviasi. Jadi untuk menghilangkan insecurity dimulai dari ubah mindset kita.

1 Like

Semenjak ada istilah “Glow Up” Rata-rata remaja khususnya dominan menjadi tidak percaya diri dan berlomba-lomba untuk membeli berbagai produk kecantikan. fenomena istilah tersbeut juga menjadi seseorang bersifat konsumtif.

Menurut riset yang dilakukan oleh Dove dalam Indonesia Beauty Confidence Report 2017 disebutkan bahwa :

38 persen wanita Indonesia suka membandingkan diri dengan orang lain. Hal tersebut menyebabkan rasa tidak percaya diri sehingga merasa tidak cantik.

riset tersebut juga menjelaskan bahwa :

84 persen wanita Indonesia mengaku tidak tahu jika dirinya cantik dan 72 persen percaya bahwa untuk mencapai kesuksesan, wanita harus memenuhi standar kecantikan tertentu.

Sementara itu,

92 persen setuju jika setiap wanita memiliki kecantikan versi mereka sendiri dan 86 persen setuju jika wanita dapat tampil cantik di usia berapapun. Padahal kecantikan setiap wanita berbeda-beda. Apalagi, Indonesia memiliki beragam suku dan budaya.

Dapat kita amati juga konten yang banyak beredar di sosial media cukup mempengaruhi bagaimana peningkatan jumlah orang-orang yang merasa tidak cukup percaya diri atas kecantikan yang mereka miliki. Meskipun kita mnegetahui bahwa insecure tidak hanya mneyasar pada kaum wanita saja tetapi juga lalki-laki.

Apakah insecurity dapat dihilangkan?
menurut saya pribadi insecure tidak dapat dihilangkan namun dapat diatasi. Setiap orang memililiki intensitas keretanan yang berbeda-beda pada kepercayaan diri mereka. Sehingga pribadi yang rentan tidak percaya diri sewaktu-waktu dapat timbul rasa insecure itu kembali berdasarkan lingkungan dan kondisi di sekitarnya yang sedang terjadi. Namun banyak berbagai situs di internet yang dapat diakses yang memberikan solusi dalam mengatasi perasaan insecure tersebut.

1 Like

Merasa kurang dari orang lain adalah perasaan yang wajar. Sesuai dengan pepatah yang bilang bahwa ada langit diatas langit. Kebanyakan orang lebih suka melihat keatas ataupun kebawah. Padahal yang paling baik adalah tetap untuk melihat lurus kedepan.

Perasaan insecure tentu saja bisa diatasi. Caranya dengan lebih mengenal diri sendiri. Gali potensi dan kembangkan. Berdamai dengan masa lalu yang akan men trigger segala hal yang bisa menyebabkan perasaan nsecure kembali. Berada dalam sekeliling orang-orang yang dapat menghargai dirimu dan melihat segala potensi yang ada di dirimu. Dan yang paling penting, bersyukur atas segala yang telah terjadi dalam hidup either it is good or bad, Tuhan pastinya memiliki alasan mengapa segala hal tersebut terjadi kepadamu.

1 Like