Informasi apa yang dibutuhkan oleh seorang investor?


(Saintia) #1

Kita akan mengunakan tips dari Gustaaf Vocking, untuk menjawab pertanyaan dari judul di atas. Gustaaf Vocking merupakan seorang coach Internasional yang berpengalaman dan seorang konsultan yang telah menolong lebih dari 10.000 orang manager. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda ikuti:

Mengidentifikasi sebuah masalah dan menemukan solusi dari permasalah tersebut memang mudah. Akan tetapi, membuat orang menciptakan apa yang telah Anda ciptakan dan membayar untuk itu bukan hal yang mudah.

Masyarakat tidak membeli produk, tapi pemenuhan kebutuhan.

Sebelum menciptakan sesuatu, Anda harus mengidentifikasi masalah atau latar belakang yang muncul, sehingga menjadikan alasan kenapa Anda membuat sesuatu. Logisnya, orang membeli dan memakai sesuatu karena mereka membutuhkannya.

Ketika menciptakan luncuran baru, pastikan sesuatu yang Anda ciptakan merupakan solusi yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang telah anda targetkan sebelumnya.

Para investor tidak menginvestasikan produk atau startup.

Pihak yang melakukan kegiatan investasi disebut investor. Mereka bersedia berinvestasi ketika mereka merasa bahwa modal yang mereka investasikan akan kembali dengan jumlah yang lebih banyak daripada resiko yang akan mereka terima.

Seorang investor akan membeli aset tertentu untuk memperoleh keuntungan atas kenaikan harga aset yang dimiliki. Seorang investor yang handal pasti memiliki kemampuan yang baik dalam memahami tingkat permasalahan dan resiko sehingga ia pasti akan bijak dalam mengambil suatu keputusan investasi pada periode waktu yang tepat.

Dari kedua point di atas, Anda harus fokus pada point kedua. Yang berarti Anda perlu mempersiapkan presentasi sebaik mungkin sebelum berhadapan dengan investor, agar membuat mereka bersedia untuk menginvestasikan modal mereka di perusahaan Anda yang mereka pikir berpospek baik di masa mendatang:

Langkah Sederhana yang harus anda lakukan adalah:

  • Buatlah para investor mengerti akan masalah yang akan Anda pecahkan, dan berikan solusi dari permasalahan dan latar belakang Anda.

  • Para investor mengharapkan return yang positif atas dana yang telah mereka investasikan.
    Tunjukkan bagaimana Anda melakukan itu sehingga menghasilkan rewards yang lebih tinggi berupa pasar, pendapatan, dan uang daripada resiko yang akan muncul.

Selain itu, tawarkan sesuatu yang lain yang dibutuhkan oleh para investor. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar bisa membujuk mereka agar tertarik untuk berinvestasi di perusahaan Anda.