Indonesia Turun Kelas Menjadi Negara Berpendapatan Menengah-bawah, Kapan jadi Negara Maju?


Pandemi Coid-19 telah menggangu roda ekonomi di banyak negara, tapi tidak semua negara mendapatkan dampak yang sama. Indonesia terkena dampak yang cukup buuk. bahkan perlambatan ekonomi Indonesia membuat bank Dunia baru-baru ini menurunkan predikat Indonesia kembali menjadi negara berpendapatan menengah-bawah.
hal ini terjadi karena masyoritas tenaga kerja Indonesia berada di sektor informal, dan sangat terdampak pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi. disaat yang sama, pemerintah justru menargetkan Indonesia enjadi negara berpendapatan tinggi pada tahun 2036.

Menuru kalian, apa dampak penurunan kelas ekonomi ini? apakah impian negara kaya pada 2036 akan tercipta?

Referensi

The Conversation/SuarAkademia "Indonesia turun kelas jadi negara berpendapatan menengah-bawah, kapan jadi negara maju?

Indonesia susah keluar dari negara maju, disebabkan faktor kurang bervariasinya sumber penggerak perekonomian Indonesia.Rasio ekspor-impor terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) masih sangat kurang, begitu juga dengan investasi. Pergerakan ekonomi Indonesia saat ini hanya didorong dari pasar modal.
Kita ini ekonomi stabil rendah karena perekonomian kita kurang gaul. Ini juga karena institusi keuangan manfaatnya tidak terlalu optimal mendukung ekonomi berkualitas.