Indonesia Bangga Memiliki Game-Game Ini. Rekomendasi 10 Game Indie Asal Indonesia

Tahun 2014. Siang hari. Aku saat itu masih duduk di bangku SD, tepatnya kelas 6. Sepulang sekolah, dengan seragam sekolah yang sudah kusut tetapi masih menempel di badanku, Aku duduk di depan komputer memainkan sebuah game bernama Parampaa. Aku yakin semua yang membaca ini, atau setidaknya yang seumuran denganku, tau pasti game tersebut. Parampaa adalah sebuah game teka-teki yang terdiri dari 100 level. Tiap levelnya, kita disuruh menebak apa maksud soalnya dengan kesempatan menjawab 3 kali. Semua yang pernah memainkan Parampaa pasti tau betapa susahnya menyelesaikan 100 level itu tanpa melihat contekan yang tersebar di internet. Betul. Melihat contekan saat memainkan game ini justru merupakan hal yang harus dilakukan. Per detik ini, belum ada orang yang menyelesaikan game tersebut murni dengan kemampuan otak yang ia miliki. Hal itu membuat Parampaa menjadi sebuah game yang “legend” bagi orang yang pernah memainkannya.
image

Selain kemustahilan untuk menamatkannya, Parampaa bisa dibilang salah satu legenda bagi dunia game indie khususnya di Indonesia. Parampaa merupakan cikal bakal berkembangnya komunitas game indie di Indonesia. Ada kebanggaan tersendiri melihat komunitas game indie di Indonesia sangat berkembang pesat hingga saat ini. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat kita tidak hanya berkontribusi dalam bermain, tetapi bisa berkontribusi dalam mengembangkan game itu sendiri. Untuk mengapresiasi hal tersebut, Aku akan merekomendasikan 10 Game Indie milik Indonesia yang bisa kalian mainkan di waktu senggang.

  1. Dreadout
    image

Siapa yang tidak kenal dengan Dreadout? Tidak afdol berbicara dunia game Indonesia tanpa menyebutkan game ini. Dreadout pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 oleh sekelompok developer bernama Digital Happiness. Dunia internet dihebohkan pada waktu game ini diluncurkan karena itu merupakan hal yang sangat wall-breaking di jamannya. Dreadout adalah sebuah game horor yang menceritakan seorang gadis SMA bernama Linda Melinda yang tersesat bersama dengan teman sekolah dan gurunya saat pulang liburan. Linda tersesat di sebuah bangunan sekolah tua dan di sana terdapat kekuatan gaib yang mengerikan. Pemain mengendalikan Linda yang harus mencari jalan keluar. Saking terkenalnya, game ini bahkan sempat difilmkan pada tahun 2019 dibintangi oleh Jefri Nichol dan Caitlin Halderman.

  1. Legrand Legacy

Legrand Legacy, sebuah RPG bergaya Jepang dengan sentuhan Indonesia yang kental, diluncurkan pada tahun 2018 untuk platform Windows. Game besutan Semisoft, developer game lokal ini, menawarkan pengalaman RPG klasik dengan gameplay yang menantang.

Kisah berpusat pada Finn, seorang pemuda amnesia yang terjebak dalam pertempuran di sebuah arena. Di sana, ia dilarang membunuh musuhnya. Pelanggaran aturan ini berujung pada hukuman yang harus diterimanya.

  1. Coral Island

Jika kalian familiar dengan Harvest Moon, maka game ini cocok untuk kalian. Coral Island, game simulasi pertanian yang menarik, resmi dirilis pada 14 November 2023. Pemain dapat menikmatinya di berbagai platform, seperti PC (Steam dan Microsoft Store), Xbox Series X/S, dan PlayStation 5. Coral Island dikembangkan oleh developer lokal asal Yogyakarta bernama Stairway Games

Di Coral Island, petualangan seru menanti! Anda akan menjalani kehidupan sebagai petani, mulai dari bercocok tanam, beternak, menambang, hingga berinteraksi dengan berbagai karakter non-pemain (NPC). Ketenangan dan kebebasan menanti, karena game ini memungkinkan Anda untuk membangun kebun dan peternakan sesuai keinginan.

Pemain dapat menanam berbagai jenis tanaman buah dan sayur yang umum di Asia, seperti sawi, bayam, cabai, dan tomat. Tak hanya itu, Anda juga bisa memelihara ternak, seperti ayam, bebek, sapi, babi, hingga luwak. Hasil panen dan ternak dapat dinikmati sendiri atau dijual kepada NPC di Coral Island. Kualitas game ini membawanya menjadi salah satu finalis di ajang penghargaan The Steam Awards 2023 dalam kategori “Sit Back and Relax Award”

  1. Tebak Gambar
    image

Game ini sudah cukup dikenal di masyarakat karena keseruannya untuk menebak gambar di tiap levelnya. Tebak Gambar dikembangkan oleh dua orang hebat bernama Lukis Cinderan dan Irwanto Widyatri. Game ini melatih otak kita untuk berpikir lebih keras dan kreatif karena tebak gambar disini tidak hanya sekadar tebak gambar biasa. Game ini bisa kalian mainkan saat waktu luang dan dapat diunduh di Playstore maupun AppStore.

  1. Bus Simulator Indonesia

Bus Simulator Indonesia atau disingkat BUSSID ini merupakan game besutan developer Maleo. BUSSID membawa kalian merasakan sensasi menjadi sopir bus profesional di Indonesia. Kemudikan berbagai bus lokal autentik dengan desain livery unik, jelajahi map detail bertema khas Indonesia, dan patuhi peraturan lalu lintas layaknya di dunia nyata. BUSSID menawarkan pengalaman berkendara yang realistis, memungkinkan Anda berinteraksi dengan pemain lain secara online, dan terus diperbarui dengan konten baru. Salah satu kelebihan dari game ini adalah fitur dimana pemain dapat mengkostumisasi busnya sendiri sehingga tidak hanya merasakan sensasi menjadi sopir bis, BUSSID juga bisa menjadi ajang bus siapa yang memiliki desain paling keren.

  1. Selera Nusantara
    image

Bagi pecinta kuliner, ini merupakan game yang tepat buat kalian. Selera Nusantara, garapan Gambir Studio, mengajak kalian menyelami kekayaan kuliner Indonesia dalam simulasi memasak yang seru dan edukatif. Pilih resep masakan khas nusantara dari berbagai daerah, ikuti tantangan memasak dengan tingkat kesulitan beragam untuk menguji kemampuan Anda, dan bangun restoran impian kalian untuk melayani pelanggan. Game ini bukan hanya mengajak kalian memasak, tetapi juga mempelajari cara membuat hidangan tradisional dengan resep asli dan mengenal budaya kuliner Indonesia yang kaya. Rasakan sensasi memasak autentik dengan grafis menarik, kontrol mudah, alunan musik tradisional yang menenangkan, dan informasi menarik tentang asal-usul hidangan. Selera Nusantara tersedia di platform Android dan iOS, siap menemani kalian kapanpun dan dimanapun untuk menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia dalam genggaman.

  1. Jurnal Malam
    image

Selain DreadOut, Indonesia memiliki game horor lainnya yang tidak kalah seru. Jurnal Malam merupakan game yang dikembangkan oleh developer yang bernama RiMa Studio, studio game yag fokus bergerak di game horor. Yang menarik dari Jurnal Malam adalah ia memiliki beberapa seri yang berbeda: Jurnal Malam: Best Friend Cha, Jurnal Malam: Pulang Kampung, dan Jurnal Malam: The Last Night. Tiap serinya memiliki ceritanya yang berbeda tetapi tetap berkaitan dengan jurnal itu sendiri. Game Jurnal Malam bisa dimainkan di berbagai platform, seperti Android, iOS, PC, dan konsol.

  1. Diponegoro - Tower Defense
    image

TIdak hanya horor dan simulator, Indonesia juga punya game bertema perangnya sendiri. Diponegoro - Tower Defense adalah game strategi menara pertahanan yang edukatif dan menghibur. Namanya sendiri diangkat dari salah satu pahlawan nasional Indonesia, Pangeran Diponogoro. Game ini dikembangkan oleh The WALi Games Studio yang berasal dari Cimahi. Game ini menggabungkan unsur sejarah Indonesia dengan gameplay yang seru dan menantang. Dengan tema yang menarik, desain menara pertahanan yang unik, pahlawan nasional dengan kemampuan spesial, dan tingkat kesulitan yang beragam, Diponegoro - Tower Defense adalah pilihan tepat bagi para pecinta game strategi dan sejarah Indonesia.

  1. Motte Island
    image

Game horor ini merupakan karya yang berasal dari OneAperture Studio. Game ini merupakan hasil kolaborasi tiga negara yaitu Indonesia, Amerika dan Inggris. Game ini bercerita tentang seorang tahanan yang berhasil melarikan diri saat kendaraan pengangkutnya mengalami kecelakaan. Gameplay Motte Island mengingatkan kembali ke memori saat memainkan Grand Theft Auto seri-seri awal dimana gameplaynya menggunakan Point of View dari atas. Cukup membingungkan bagi yang tidak terbiasa dengan POV seperti ini, tetapi hal itu tidak menjadi alasan untuk mencoba game ini karena jalan ceritanya yang cukup unik.

  1. Ojol The Game

Salah satu game yang sangat rame dibincangkan belakangan ini. Game yang dikembangkan oleh CodeXplore ini menawarkan pengalaman menjadi driver ojek online yang sudah sangat melekat di kehidupan kita. Ojol The Game memanjakan para pemainnya dengan beragam mode permainan yang seru dan realistis. Tidak hanya mengantar penumpang, kamu juga bisa mengantarkan makanan dari restoran, mengantar barang, dan bahkan berbelanja di minimarket. Namun, di awal permainan, kamu hanya bisa mengakses fitur mengantar penumpang. Tenang, kamu bisa meningkatkan level untuk membuka kunci fitur-fitur lain tersebut. Bagi yang ingin cepat merasakan semua keseruan, kamu bisa membeli akses ke fitur-fitur terkunci dengan uang sungguhan. Ojol The Game memang menawarkan mikrotransaksi untuk mempercepat kemajuan pemain.

Ada banyak game Indonesia lainnya yang belum disebutkan. Tetapi dengan 10 game barusan sudah cukup membuktikan bahwa industri game kita cukup berkembang pesat dan layak diberi apresiasi setinggi-tingginya. Pada akhirnya, peran pemerintah lah yang sangat dibutuhkan saat ini dengan memberikan dukungan dan fasilitas yang layak bagi para developer-developer game di Indonesia agar lebih maju dan bisa bersaing dalam ranah internasional.