Ilmu Apa Yang Wajib Dipelajari Oleh Seluruh Umat Islam?

Ilmu

Ilmu apa yang wajib dipelajari oleh seluruh umat Islam ?

Menurut Imam Ahmed bin Hanbal, seorang ilmuwan besar Islam, menjawab bahwa wajib bagi setiap individu Muslim untuk mencari jenis pengetahuan yang memungkinkan dia menjalankan agamanya dengan benar.

Berikut adalah contohnya:

1. Keyakinan Islam

Ini adalah aspek yang paling penting dari agama yang harus dipelajari seseorang, karena melalui aspek ini seseorang benar-benar menjadi Muslim. Tujuh belas tahun pertama dari panggilan Nabi Muhammad SAW ditujukan untuk mengoreksi keyakinan orang tentang Allah, menekankan bahwa tidak ada ibadah yang ditujukan kepada siapa pun kecuali Dia Sendiri, sementara hanya beberapa perintah lainnya yang diungkapkan pada saat itu berkembang menjadi ilmu tasawuf modern.

2. Pengetahuan tentang aspek ibadah wajib

Seperti yang kita tahu, Allah telah memerintahkan umat Islam untuk melakukan tindakan pemujaan tertentu. Banyak dari tindakan ini bersifat wajib dan, pada gilirannya, seseorang harus tahu bagaimana cara melakukannya.

Misalnya, Allah telah mewajibkan kita untuk berdoa minimal lima kali per hari, jadi menjadi kewajiban bagi kita untuk mengetahui bagaimana berdoa dengan benar, mengingat apa yang diperbolehkan dan tidak dapat kita tanggung selama melakukan sholat. Juga, sebagai salah satu syarat dalam Doa adalah untuk menyucikan diri, seseorang harus tahu bagaimana melakukannya. Hal ini juga berlaku untuk seluruh perintah-perintah Allah.

3. Mengetahui apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan

Ada larangan dan yang dibolehkan kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rahmat Allah, Dia telah mendorong kita untuk menikmati banyak karunia yang telah Dia ciptakan. Pada saat yang sama, Dia juga telah memperingatkan kita dari hal-hal tertentu karena bahaya fisik atau spiritual yang diakibatkan oleh kegemaran mereka.

Kemudian menjadi wajib bagi kita untuk mempelajari aspek-aspek agama ini sehingga kita mungkin tidak sengaja melakukan atau secara tidak sengaja jatuh ke dalam tindakan-tindakan yang tidak dapat dibenarkan ini.

Catatan penting yang perlu dicatat adalah bahwa umat Islam harus yakin mereka mempelajari peraturan tersebut terkait bidang pekerjaan mereka, apakah itu obat, perdagangan, hukum, atau bidang lainnya, agar mereka melaksanakan pekerjaan mereka sesuai dengan pedoman dari agama.

4. Cara Mengelola Hati

Yang terakhir namun tidak sedikit, seseorang juga harus belajar bagaimana memurnikan hati dan perbuatan mereka dari sifat-sifat yang tercela. Muslim harus tahu bagaimana cara memurnikan hati mereka dari cinta kekayaan, status, dan ketenaran, dan bagaimana membuat seseorang mencintai Allah saja.

Mereka juga harus belajar tingkah laku mulia yang diajarkan kepada kita oleh agama Islam, dan mencoba untuk pola hidup kita sesuai dengan Nabi Muhammad SAW.