Ikan teri ternyata baik untuk kesehatan gigi loh!

image

Bentuknya yang mungil dengan rasa gurih membuat ikan teri menjadi salah satu santapan kegemaran masyarakat Indonesia, dan siapa sangka ternyata punya beragam manfaat pula bagi kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan gigi.

Menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia drg Hananto Seno, Sp.BM., MM, ikan teri mengandung kalsium dan flouride dalam jumlah tinggi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan gigi.“Kalsium dan flouride sendiri sebenarnya ada di dalam pasta gigi. Tapi asupan dari dalam juga harus diperhatikan sehingga bisa memberikan manfaat menyeluruh,” ujarnya pada temu media Peringatan Hari Kesehatan Gigi Sedunia di SDN 01 Tebet Timur Pagi, Selasa (20/3/2018).

Selain ikan teri, Seno juga menyebut bahwa bayam, semangka dan teh juga mengandung flouride. Semakin banyak asupan flouride yang dikonsumsi maka kekuatan gigi semakin terjaga.

Di sisi lain, kata Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc mengatakan, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari karena dapat merusak gigi, yakni makanan manis.“Kalau sering makan manis juga lengket, makanan jenis ini menempel di gigi terutama pada bagian geraham dengan banyak lekukan yang sulit dibersihkan,” tambah dia.Alhasil, tambah Mirah, sisa makanan yang menempel ini menimbulkan plak, yang jika tak dibersihkan dengan baik akan menumpuk menjadi karang gigi. Selain itu, makan manis di luar waktu makan juga bisa menimbulkan berbagai masalah pada gigi dan gusi.

ww.suara.com