Ikan Predator Ganas apa saja yang biasa dipelihara di Aquarium ?

ikan_hias
serba_serbi_ikan

(Naila Nazar) #1

Ikan Arwana super red

Beberapa penghobi ikan hias biasanya ada yang mencampur beberapa ikan dalam satu aquarium dan ada juga yang memisahkan ikan tersebut menjadi beberapa jenis dalam setiap aquariumnya.

Ikan Predator Ganas apa saja yang biasa dipelihara di Aquarium ?


5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula
(Indah Dwi Chyntia R) #2

1. Ikan Arwana (air tawar)

Ikan Arwana merupakan jenis ikan hias yang sangat populer dan harganya juga sangat tinggi. Arwana adalah ikan predator yang berasal dari Indonesia, keindahan ikan ini berasa dari warnanya dan juga bentuk sisiknya yang seperti ring melingkar ditubuhnya. Ikan ini juga dikenal dengan keganasannya dan merupakan ikan pemangsa di kawasan air tawar. Ikan Arwana ini banyak di ekspor keluar negeri dan harganya yang mahal sehingga banyak orang yang membudidayakan ikan ini untuk bisnis.

2. Ikan Toman Red Snakehead (air tawar)

Ikan Toman merupakan jenis ikan predator yang terdapat pada kawasan air tawar dan ikan ini dikenal dengan keganasannya. Keganasan ikan ini akan sangat terlihat pada saat ikan ini sedang menjaga anaknya. Ikan Toman juga dikenal dengan nama Red Snakehead.

Jenis ikan Toman ini merupakan ikan predator yang dapat tumbuh hingga 1.5 m dan dapat hidup dengan berkelompok bersama dengan sukunya. Diluar negeri, ikan ini dikenal juga dengan nama Snakehead karena bentuk kepala ikan ini menyerupai ular.

3. Ikan Belida (air tawar)

Ikan Belida merupakan jenis ikan predator yang berada di kawasan air tawar dan merupakan ikan asli dari Indonesia serta banyak terdapat di perairan Indonesia. Ikan ini diberi nama Belida karena terdapat pada perairan di daerah Sumatra yang bernama sungai Belida.

Jenis ikan Belida ini juga bukan hanya terdapat di Indonesia saja, di Thailand juga ada jenis ikan seperti ini namun tidak terlalu populer untuk dijadikan ikan hias disana. Ikan Belida juga memiliki harga jual yang sangat tinggi karena tingkat kelangkaan dari ikan ini sekarang. Jenis ikan ini merupakan jenis ikan predator yang sangat tenang dan lebih banyak memangsa ikan-ikan kecil yang berada disekitar kawasan atau habitatnya berada.

4. Ikan Aligator (air tawar)

Ikan Aligator merupakan jenis ikan predator yang berbahaya jika anda menemukannya di daerah habitatnya. Jenis ikan Aligator ini bukan jenis ikan hias yang dijual secara bebas di pasaran atau penjual ikan biasa. Namun, ada saja penjual yang dengan diam-diam menjual ikan ini kepada pemesan atau penghobi ikan.

Bentuk ikan ini memiliki bentuk mulut yang menyerupai buaya dan ikan ini berasal dari Amerika. Untuk peminat ikan Aligator ini memang dikenal cukup banyak walaupun harganya tidak murah untuk jenis ikan hias, namun para penghobi ikan hias biasanya akan rela untuk mengeluarkan uang yang banyak untuk dapat memilikinya.

5. Ikan Piranha (air tawar)

Ikan Piranha menjadi ikan air tawar yang dapat dikatakan sangat berbahaya jika anda memasuki kawasan atau habitatnya. Ikan ini dapat memangsa daging dan mencabik-cabiknya dengan gigi tajamnya. Jenis ikan ini juga termasuk ikan yang tidak diperjual-belikan secara bebas.

Ikan Piranha ini sangat berbahaya untuk kawasan ditempatkannya ikan ini dan juga sangat berbahaya untuk manusia. Habitat asli ikan ini terdapat di sungat Amazon, Amerika Selatan. Jenis ikan hias predator ini merupakan ikan yang mudah stress jika dipelihara di aquarium, namun tetap saja banyak penghobi ikan yang mencoba untuk memelihara ikan ini.


(migg) #3

Ikan Predator di anggap ikan yang galak oleh beberapa masyarakat karena wujudnya yang seram dan memakan ikan kecil atau daging. Banyak yang takut memlihara ikan predator karena takut tangan nya tergigit dll. Ikan predator sebenarnya hanya memangsa ikan yang ukuran nya muat di mulutnya. kalo tidak muat di mulutnya dia tidak akan memakannya pengecualian untuk ikan piranha. Ikan predator juga takut kepada tangan manusia loh jadi aman untuk membersihkan aquarium. tapi ada beberapa yang gigit sih. Memelihara ikan predator sebaiknya memberi makan yang teratur jangan sampai kelaperan banget bisa bisa berantem atau ikan tankmate yang tadinya tidak muat dimulut bisa-bisa dimakan oleh yg besar. Rata-rata ikan predator dapat tumbuh besar jadi sebaiknya ukuran aquarium yg pas adalah minimal 1 meter, kalo bisa lebih. Karena ikan predator tergolong galak saya akan memberikan 5 ikan predator yang cocok di pelihara untuk pemula yang ingin mencoba memelihara ikan predator. Berikut 5 Ikan predator yang dapat di pelihara untuk pemula :

1. Ikan Aligator

Jangan Buang Ikan Aligator Di Kali atau Sungai

Ikan aligator atau biasa disebut ikan buaya karena mempunyai moncong yang seperti buaya. Ikan ini mampu tumbuh hingga 1 meter dan rata rata hidupnya yaitu 18 tahun. Ikan aligator adalah ikan predator yg pas untuk pemula karena harga nya yang murah serta pemeliharannya yang mudah. Ada bermacam jenis untuk ikan ini. Namun yang paling mahal adalah aligator spatula platinum, Harganya bisa mencapai jutaan rupiah, Makananya berupa ikan-ikan kecil atau udang. Namun masyarakat banyak yang kurang pengetahuannya akan ikan ini. Buat pemula yang ingin memelihara ikan predator jenis ini berkomitmen lah untuk memeliharanya jangan sampai karena harga ikan ini yang murah setelah bosen untuk memeliharanya atau terlalu besar ikan ini malah dibuang dikali atau sungai indonesia karena ikan-ikan lokal kita akan habis di mangsanya.

Baca juga : 5 Daftar Ikan Hias Yang Dapat Di Pelihara Di Akuarium Kecil

2. Ikan Oscar

5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula

Ikan satu ini mempunyai corak yang cantik cocok di pelihara di akuarium. Ikan Oscar masuk di keluarga ikan cichild. mempunyai beberapa jenis seperti oscar paris,batik,alibno bahkan ada yang buntutnya slayer atau panjang. Ikan ini mudah di dapat serta murah sehingga baik untuk pemula yang ingin mencoba memelihara ikan predator. Makananya pun sama seperti ikan predator lainnya namun oscar bisa memakan pelet jika dilatih.

Baca juga : 6 Daftar Pakan Alami Terbaik Ikan Guppy

3. Ikan Palmas

5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula

Ikan Palmas adalah ikan predator yang berenang pada dasar aquarium ikan ini disebut juga dengan ikan naga karena kepalanya yang seperti naga. Ikan ini cukup murah tergantung paa jenisnya. Yang termahal adalah jenis Polypterus Bichir Bichir atau nile bichir yang harnya mencapai 5 juta rupiah lebih. Makanan terbaik ikan ini adalah daging segar yg dipotong kecil-kecil bisa daging ikan atau daging udang.

Baca juga : Jenis dan Daftar Harga Ikan Neon Tetra Terlengkap

4. Ikan Belida

5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula

Ikan belida atau ikan clown fish ini dagingnya biasa dibuat makanan khas palembang yaitu pempek. Namun yang biasa dibuat pempek itu belida jawa. Jenis seperti belida bengkok, belida albino, dan belida royal kini menjadi favorit penghobi untuk memeliharanya karena motif dan bentuknya yang lucu.

Baca juga : Rekomendasi Filter Aquarium Ukuran 60cm Murah

5. Ikan Peacock Bass

Ikan pbass atau peacock bass ini masuk dalam keluarga ikan cichild yang mempunyai corak dan warna yang bagus sehingga cocok sekali untuk di pelihara di akuarium apalagi saat memberi makannya ikan ini akan berebutan dan sangat cepat mengejar mangsanya. Ikan ini beraal dari benua amerki dan hidup di sungai sungai. Untuk jenisnya ikan ini sangat banyak.

PS: Bagi pemula yang ingin memlihara ikan predator dari luar negri janganlah membuang ikan predator tersebut ke kali dan sungai ya.