Ikan-ikan apa sajakah yang sebaiknya hidup sendiri di akuarium ?

ikan hias

Tidak semua ikan bisa hidup akur di akuarium. Tak jarang ikan-ikan tersebut saling berkelahi. Ikan-ikan apa sajakah yang sebaiknya hidup sendiri di akuarium ?

Beberapa ikan berikut sebaiknya disendirikan dalam akuarium sendiri.

  1. Piranha
    Ikan dari Amazon ini galak dan sangat agresif. Jadi sebaiknya ia tinggal sendiri daripada menyerang ikan lainnya. Jangan lupa, ikan piranha juga bisa meloncat ke luar akuarium. Jadi pastikan untuk memelihara piranha dalam akuarium yang tertutup.

  2. Betta
    Ikan betta disebut juga dengan ikan petarung, jadi jelas mereka suka ‘bertengkar’ dengan ikan lain. Kadang-kadang betta masih ramah dengan jenisnya sendiri. Namun ikan betta idealnya dipelihara sendirian agar ia menunjukkan warna tubuh yang lebih beragam.

  3. Oscar
    Ikan oscar adalah ikan yang aktif tetapi tidak pernah ramah pada ikan lain, baik itu dengan jenis mereka sendiri. Lagipula oscar juga bisa tumbuh dengan besar sehingga akuarium akan tampak penuh meski hanya ada satu ikan saja. Sayangnya, oscar ini mudah jenuh dan temperamental. Untuk mengatasinya, berikan mainan plastik dalam akuarium agar oscar tetap merasa terhibur.

  4. Paradise fish
    Sama seperti ikan-ikan yang lain tersebut di atas, paradise fish juga agresif. Mereka suka menyerang ikan lain, terutama ikan-ikan yang masih kecil. Lawan yang setara dengan paradise fish adalah hiu. Jadi jangan sampai berbuat kesalahan untuk memelihara dua paradise fish sekaligus dalam akuarium.