Ikan hias air tawar apa saja yang tidak memerlukan aerator ?

ikan cupang

Memelihara ikan didalam akuarium selalu membutuhkan aerator untuk menambah kadar oksigen didalam air. Tetapi ikan hias air tawar apa saja yang tidak memerlukan aerator ketika dipelihara didalam akuarium ?

Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen yang Bisa Anda Pelihara

- Ikan Cupang

Ada beberapa jenis ikan cupang, yang pertama ialah ikan cupang aduan sedangkan yang lainnya ialah ikan cupang hias. Kedua ikan ini tentu mempunyai ciri khas. Jenis hias memiliki ekor yang lebar dan indah sedangkan aduan memiliki fisik yang kurang menarik jika dibandingkan dengan jenis hias.
Meskipun begitu, banyak sekali jenis ikan cupang aduan yang biasa dipelihara di aquarium tanpa oksigen. Mungkin, harganya yang murah menjadi daya tarik tersendiri banyak orang-orang memeliharanya.

- Ikan Guppy

Ikan ini masih satu jenis dengan ikan Platis dan Molly. Keunggulannya, dengan jumlah air yang minim sekitar 1 liter saja ia sudah bisa hidup. Bentuknya kecil, tapi memiliki ekor yang lebar dan warnanya sangat cantik. Ikan ini mudah untuk dikembangbiakkan dan bisa dipelihara dalam jumlah yang relatif banyak dalam satu wadah. Baca juga: Cara budidaya ikan guppy

- Ikan Molly

Molly memiliki banyak varian, yang membedakan ialah warna dan bentuk badan. Ada dua jenis ikan molly yaitu jenis balon, dan jenis biasa. Molly balon cenderung memiliki perut yang buncit seperti layaknya balon dibandingkan dengan molly biasa. Sama halnya dengan guppy, molly juga termasuk ikan yang gampang untuk dikembangbiakkan pada aquarium tanpa oksigen.

- Ikan Platis

Salah satu jenis ikan hias aquarium tanpa oksigen yang satu ini dapat dikelompokkan dari warna dan bentuk ekor. Sama seperti guppy dan molly yang mudah beranak pinak, ia juga bisa dipelihara dalam jumlah yang banyak. Tapi anda harus hati-hati dengan ikan ini, karena sifatnya yang agak nakal. Ia suka berenang dekat permukaan air dan terkadang melompat dari aquarium ketika merasa terancam