Ikan apa saja yang banyak mengandung Omega 3 ?

Omega 3

Ikan adalah bahan makanan yang memiliki kandungan protein, asam lemak omega 3, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Zat-zat ini sangat berguna bagi tubuh, terutama omega 3. Faktanya yaitu sistem metabolisme kita tidak mampu memproduksi asam lemak esensial ini. Asam lemak tak jenuh ganda (omega 3) sendiri terbentuk dari gabungan beberapa asam lemak meliputi ALA, EPA, dan DHA.

Ikan apa saja yang banyak mengandung Omega 3 ?

Di bawah ini tiga jenis ikan yang paling banyak kandungan omega 3 di dalamnya!

  1. Ikan Makarel

Ikan makarel mempunyai nilai ekonomis yang sedang, tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Ikan ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, lalu disajikan bersama saus cabai atau saus tomat. Beberapa pabrik pembuatan makanan kaleng juga kerap memanfaatkan ikan makarel untuk dibuat menjadi sarden. Ikan ini mengandung banyak omega 3 yang bagus untuk kesehatan jantung.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon biasanya digoreng, dipanggang, atau dikukus supaya tekstur dagingnya terasa lebih lembut. Bahkan beberapa orang pun suka menikmati daging ikan salmon mentah. Tahukah Anda, di dalam 3 ons daging ikan salmon tersimpan omega 3 yang berkisar antara 700-1800 mg.

  1. Ikan Tuna

Daging ikan tuna mempunyai warna antara merah muda sampai merah tua. Penyebabnya yaitu banyaknya kandungan mioglobin di dalam daging tersebut. Paling enak, ikan tuna dimasak melalui proses penggorengan atau pemanggangan. Jika dibandingkan dengan ikan salmon dan ikan makarel, kandungan omega 3 pada ikan tuna jauh lebih banyak.

Sumber: