[Hoax] Menaruh Bawang Merah di Sudut Rumah Mampu Menangkal Berbagai Jenis Virus

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Siapa yang tidak tahu bawang merah? Bumbu dapur ini selalu menjadi bahan utama dalam setiap masakan Indonesia yang memiliki ciri khas yang kaya akan bumbu. Namun, beberapa artikel yang saya temui, menyebutkan bahwa meletakkan bawang merah di sudut atau pojok rumah mampu menangkal berbagai jenis virus.

Benarkah pernyataan tersebut?

Menurut saya, informasi ini adalah hoax. Dari artikel yang saya baca, yang tersedia di [https://cekfakta.tempo.co/fakta/697/fakta-atau-hoaks-benarkah-bawang-merah-yang-telah-dikupas-bisa-menyedot-virus-corona] yang menyebutkan bahwa sangat tidak masuk akal bahwa bawang dapat menyedot virus. Hal tersebut diutarakan oleh ahli biologi yang dikutip Snopes dari Wall Street Journal. Sebab, virus membutuhkan inang yang hidup untuk bertahan hidup. Virus pun tidak dapat mendorong dirinya keluar dari tubuh inangnya dan melintasi sebuah ruangan.

Dari sumber yang saya baca berita ini adalah hoax karena belum ada bukti ilmiah mengenai bawang merah ini. Menurut saya hoax seperti ini muncul karena vaksin corona masih terus dicari dan bawang merah adalah bahan dapur yang mudah didapat sehingga hoax seperti ini diproduksi. Berikut ini referensinya: https://www.kominfo.go.id/content/detail/16433/hoaks-manfaat-bawang-merah-dapat-menyerap-virus/0/laporan_isu_hoaks