[Hoax] Memakan Telur Menyebabkan Jerawat

004_002_485_pic

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Perlu diketahui bahwa timbulnya jerawat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Putih telur memang memiliki kadar protein yang tinggi, akan tetapi bukan berarti menjadi penyebab utama timbulnya jerawat yang begitu banyak.

Jerawat terbentuk akibat berbagai macam hal, mulai dari sumbatan pada folikel rambut oleh campuran sel kulit mati, kotoran, serta sebum (dari kelenjar minyak), serta reaksi peradangan yang dipicu oleh infeksi. Tidak dapat dipungkiri, biasanya orang dengan tipe kulit berminyak lebih banyak mengalami jerawat.

Beberapa hal yang menjadi faktor pemicu jerawat, antara lain seperti faktor keturunan, perubahan hormonal,masa pubertas, stres, tingginya produksi sebum, infeksi penyebab jerawat yang berkembang cepat, dsb.

Pada pria biasanya jerawat akan semakin meningkat akibat dari peningkatan hormon testosteron. Ketika kondisi hormon ini meningkat, produksi sebum dari kelenjar minyak meningkat, akibatnya jerawat semakin banyak. Disarankan untuk memeriksakan kondisi wajah Anda ke dokter spesialis kulit, terlebih jika jerawat yang dialami sudah cukup banyak diwajah

Dianjurkan agar selalu menjaga kebersihan wajah, dengan rutin mencuci muka dengan sabun wajah sehari dua kali (pagi dan malam sebelum tidur). Hindari untuk memencet jerawat karena beresiko meradang dan merusak kulit wajah. Rutin mencuci rambut karena rambut yang kotor juga mendukung timbulnya jerawat.

sejauh ini sepertinya belum ada penelitian yang mengatakan demikian, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk sebagian orang yang memang alergi terhadap telur. meskipun demikian menurut Dr. Arnold dalam penjelasannya pada [https://www.alodokter.com/komunitas/topic/telur-bikin-jerawat] mungkin saja bukan karena telurnya tetapi karena cara memasak telur tersebut dengan cara di goreng yang cenderung membuat asupan minyak semakin banyak yang nantinya memicu wajah berminyak yang mempermudah terjadinya jerawat.

1 Like

dokter spesialis kulit dari RS Surya Husada, Bali, dr Laksmi Duarsa SpKK mengatakan, sejauh ini belum ada penelitian yang secara evidence based menyebut bahwa telur sebagai penyebab jerawat. Biasanya, jerawat akan muncul pada orang-orang yang memang memiliki faktor untuk berjerawat.

Laksmi juga menuturkan ada faktor lain sebagai pencetus tapi bentuk dan rupanya bermacam-macam. Bahkan, orang yang makannya sudah benar dan wajah bersih masih bisa berjerawat kalau stres sedang menyerang.

Hal terpenting adalah rajin merawat wajah akan menghindarinya dari tumpukan jerawat yang membuat kepercayaan diri menurun. Laksmi menyarankan agar rajin membersihkan wajah di pagi dan sore hari.

sumber: https://www.liputan6.com/health/read/4110192/cek-fakta-kesehatan-sering-makan-telur-bikin-jerawatan

1 Like