[Hoax] Kue Kelepon Tidak Islami

image

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

akhir- akhir ini media sosial sempat dikagetkan dengan postingan salah satu pengguna facebook yang menyebutkan kue kelepon tidak islami, benarkah itu?

sumber

Hoax, sebab bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue klepon menggunkan bahan bahan yang termasuk halal. Tergantung si pembuat yang meletakkan bahan bahan pembuatannya bagaimana.

1 Like

Menurut saya informasi tersebut hoax, karena hanya ada dua tipe makanan dalam islam yaitu halal dan haram. Bahan yang digunakan untuk membuat kue klepon pun semuanya adalah halal, jadi tidak bisa dikatakan bahwa kue klepon haram apalagi tidak islami (tidak ada tipe makanan tidak islami dan islami dalam islam)
Sumber : https://muslim.okezone.com/read/2020/07/26/614/2252234/kue-klepon-tak-islami-hoax-yang-sengaja-digoreng

1 Like

Menurut saya Hoax karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue kelepon termasuk halal dan cara membuatnya juga. Tidak ada unsur yang mengarahkan kue kelepon ini haram.

Kue klepon adalah jajanan pasar yang halal, namun tidak termasuk sebagai Islami.

Dalam studi Islamic Marketing, atribut ‘halal’ dan ‘Islami’ berbeda konteksnya.

Silahkan baca artikel “Kue Klepon (Memang) Tidak Islami, Tetapi…” yang menjelaskan secara komprehensif tentang alasan kue klepon tidak Islami.

Menurut saya, informasi ini adalah hoax. Melihat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat klepon sendiri adalah bahan halal, begitupun cara mengolahnya pun juga halal. Tidak ada unsur haram sama sekali. Terkait artikel yang dapat mendukung pendapat saya, tersedia di [https://www.suara.com/news/2020/07/22/131630/cek-fakta-klepon-tidak-islami-dan-siapa-abu-ikhwan-aziz-pengunggah-meme]