[Hoax] Google Sengaja Hapus Palestina Dari Peta Digital

Google dituding menghapus keberadaan Palestina secara sengaja dari peta digital, yaitu google maps. Hal ini diasumsikan sebagai bentuk dukungan Google terhadap Israel. Menurut teman - teman sekalian, apakah hal ini fakta ataukah hoax?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

sumber : https://www.kompas.com/global/read/2020/07/18/183920570/google-dituding-netizen-hapus-palestina-dari-google-maps

Dari sumber yang saya baca, palestina memang tidak mencantumkan Palestina dari awal pembuatan, jadi bukan sengaja dihapus melainkan memang tidak dicantumkan sejak awal, akan tetapi batas-batas negaranya atau garis besar wilayah masih dapat kita lihat di google map.
berikut sumber artikelnya https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200719145042-37-173773/palestina-dihapus-dari-peta-ini-pembelaan-google-maps

1 Like

Dilansir dari The New York Times, Elizabeth Davidoff, salah satu juru bicara Google, dalam sebuah e-mail menyatakan bahwa perusahaannya tidak pernah menggunakan label “wilayah Palestina” dalam petanya. Dia juga mengatakan GIF yang beredar di internet yang menunjukkan peta sebelum label “Palestina” dihapus dan sesudah dihapus adalah palsu. Setelah Google memperbaiki bug label “Jalur Gaza” dan “Tepi Barat”, kedua label itu kembali muncul dan dipisahkan dari Israel dengan garis putus-putus untuk menandakan perbatasan sengketa yang belum diakui secara internasional.

Sumber: https://cekfakta.tempo.co/fakta/894/fakta-atau-hoaks-benarkah-palestina-dihapus-dari-google-maps

1 Like