[Hoax] Bulu kucing dapat menyebabkan kemandulan

1318253540

Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa bulu kucing dapat menyebabkan kemandulan. Hal ini dikarenakan kucing kerap disebut sebagai hewan pembawa parasit toksoplasma yang menurut masyarakat bisa menyebabkan kesuburan wanita terganggu. Apakah informasi tersebut termasuk fakta atau hoax?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Berdasarkan artikel yang dikutip dari hot.grid.id menyatakan bahwa “Toksoplasma adalah parasit yang memang bisa disebarkan melalui kotoran kucing. Tapi bukan hanya kucing yang membawa parasit ini. Toksoplasma juga bisa menginfeksi manusia melalui daging yang tidak dimasak sempurna (terutama daging kambing), sayuran mentah yang tidak dicuci dengan bersih, kotoran tikus, dan hewan mamalia lain. Parasit toksoplasma terdapat pada kotoran kucing dan bukan dari air liur atau bulunya.”
Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan kemandulan bukan karena bulu dari kucing melainkan pada kotorannya yang mengandung parasit toksoplasma.

Sumber : https://hot.grid.id/read/181678408/mitos-bulu-kucing-menyebabkan-kemandulan-akhirnya-terjawab-begini-kata-dokter?page=all#:~:text=Seperti%20mitos%20yang%20mengatakan%20jika,Rumah%2C%20Bisa%20Jadi%20Bom%20Waktu!

Dalam konteks risiko gangguan kehamilan atau sulit hamil saat merawat hewan peliharaan, maka hal ini berkaitan dengan kontaminasi parasit (Toxoplasma) pada tangan atau makanan yang di makan manusia karena proses perawatan hewan peliharaan yang tidak baik. Penyakit ini menular dari kotoran atau tinja hewan kucing yang tidak dibersihkan secara baik yang akhirnya mencemari tangan atau makanan manusia. Namun, selama melakukan prosedur sanitasi yang baik atau melakukan konsultasi ke dokter hewan, maka hal ini sangat jarang terjadi. Dengan demikian, bulu hewan yang rontok tidak menyebabkan ganguan kesuburan pada wanita. Hal ini karena tidak ada bukti medis yang memberikan bukti bahwa bulu kucing meyebabkan kemandulan.

Sumber: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-benar-bulu-kucing-bisa-bikin-mandul