Hidup dengan Transplantasi Ginjal?

Transplantasi ginjal sering dihindari sebab mahalnya biaya yang diperlukan agar dapat memperoleh prosedur ini. Bagaimana Hidup dengan Transplantasi Ginjal?

Transplantasi ginjal sering dihindari sebab mahalnya biaya yang diperlukan agar dapat memperoleh prosedur ini. Walaupun demikian, bila dibandingkan dialisis seumur hidup, mungkin transplantasi termasuk lebih hemat.
Daripada dengan dialisis, prosedur pemindahan ginjal sehat berkaitan dengan:

Kualitas hidup yang lebih baik
Risiko kematian yang lebih rendah
Pengaturan makan yang lebih sederhana
Biaya penanganan lebih rendah
Nyatanya, orang yang telah berhasil menerima donor ginjal memiliki kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan mereka yang hanya menerima dialisis. Efek transplantasi ginjal yang sukses akan memberikanmu hidup normal layaknya sebelum menderita penyakit ginjal.

Hal ini terlihat pada pengaturan makanmu. Orang dengan ginjal sehat baru, memiliki diet yang lebih ringan dibandingkan yang masih melakukan dialisis. Namun, kamu tetap perlu menjaga pola makan demi jantung sehat. Pasalnya, kesehatan dan energimu harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Cara terbaik untuk tetap hidup normal dengan transplantasi adalah dengan meminum obat yang telah diresepkan dokter, mengikuti saran diet dan olahraga, aktif menyehatkan pikiran, dan teratur kontrol sesuai anjuran dokter.

Sebelum menerima transplantasi ginjal, pastikan kamu sudah memahami risiko dan gambaran hidup dengan ginjal baru! Tentunya, doktermu juga akan menjelaskan secara detail mengenai hal tersebut.

https://www.dokterbabe.com/artikel/transplantasi-ginjal/