[Hate Speech] Sebutan "Wibu Bau Bawang" Termasuk Hate Speech

Anime

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Seperti yang kita tahu bahwa di dunia maya terdapat istilah wibu untuk seseorang yang menyukai hal-hal berbau Jepang yang dianggap berlebihan, walaupun beberapa menganggapnya bercanda tapi semakin ke sini semakin banyak ungkapan tersebut. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kalau foto profil akun sosial media milikmu anime (kartun Jepang) argumenmu tidak valid.

Apakah hal tersebut merupakan ujaran kebencian walaupun dengan niat bercanda saja ?

Menurut saya iya. Karena saya suka menonton anime, tapi tidak ngefans berlebihan. Kawan-kawan saya suka mengatai saya wibu bau bawang. Sekali dua kali tidak apa tapi ini berkali-kali. Kadang agak kesal saja. Lambat laun hal itu berdampak ke yang lainnya. Seperti saya suka belajar bahasa Jepang dan saat saya mencoba berbicara menggunakan bahasa Jepang, mereka langsung melabeli saya wibu bau bawang. Jadinya tidak berbicara bahasa Jepang lagi. Padahal menurut saya itu tidak ada hubungannya dengan wibu bau bawang hmm… Saya jadi tidak terlalu suka dengan anime lagi gegara omongan itu

Menurut saya hal ini termasuk hate speech. Karena wibu bau bawang ini bisa dibilang sebagai sebuah ungkapan berkonotasi negatif yang menyindir dan merendahkan para wibu. Dan dengan menyukai hal-hal yang berbau Jepang tidak menjadikan orang tersebut lebih rendah dari orang lain.