Haruskah Kita Mempelajari Ilmu Yang Tidak Kita Suka?

Pendidikan dasar hingga pendidikan tingkat atas memaksa kita untuk mempelajari semua pelajaran atau ilmu untuk seluruh siswanya. Kalau tingkat dasar (SD) mungkin tidak masalah, karena pelajarannya masih pelajaran dasar. Tapi kalau tingkat atas (SMA), apakah memang kita diharuskan mempelajari semua pelajaran yang ada ? Misalnya, ketika kita ingin kuliah di jurusan elektro, apakah kita harus mempelajari pelajaran Biologi ketika di SMA ?

Kalau menurut saya ilmu apalagi di masa SMA bahkan sejak SD pun perlu dipelajari suka atau tidak suka. Karena misal dari contoh di atas ketika kamu ingin masuk jurusan teknik elektro pasti suka atau tidak suka mau atau tidak mau kamu harus mempelajari biologi, matematika dan sebagainya. Yang namanya kita mengenyam dunia pendidikan pasti mau tidak mau kita mengikuti apa saja pelajaran yang wajib kan. Jadi itu tergantung orangnya sih jika emang menurut dia ilmu itu penting untuk masa depannya pasti suka atau tidak suka akan dipelajari. Saya juga ketika SMP suka pelajaran IPS tapi pas SMA masuk jurusan IPA jadi ya mau tidak mau saya harus mempelajari ilmu" sains daripada ilmu sosial.

Menurut saya tentang haruskah kita mempelajari ilmu yang tidak kita sukai, sebenarnya itu pilihan masing-masing orang untuk maukah mereka belajar tentang ilmu tersebut atau tidak, namun untuk saya pribadi, ilmu itu penting dan sangat bermanfaat bagi kita maka dari itu sebaiknya kita mempelajari dan cukup memahaminya saja sebagai referensi ilmu untuk kita dan tidak perlu kita diharuskan untuk menjadi expert pada bidang ilmu yang tidak kita sukai, jika memang kita tidak menyukai ilmu itu dan memang sungguh tidak tertarik dengan ilmu tersebut, sebaiknya anda mmpelajari bidang ilmu lain yang menurut anda menarik dan yang anda sukai, pastinya mempelajari ilmu yang disukai jauh lebih menyenangkan ketimbang belajar ilmu yang tidak kita sukai.

Menurut saya, saat SMA kita perlu mempelajari semua pelajaran yang ada. Karena, pada masa itu pendirian kita belum matang, dengan mengeksplore banyak hal dan ilmu kita bisa lebih mudah untuk mengenal apa yang diri kita minati sehingga untuk kedapannya bisa lebih terarah yaitu memilih universitas yang sesuai dengan minat kita. Sebagai contoh, banyak disekeliling kita yang saat SMA masuk kejurusan IPA namun saat diperkuliahan ia lintas jurusan, hal itu disebabkan karena saat SMA dia sudah mengetahui jurusan IPA seperti apa dan merasa kurang tertarik dengan bidang tersebut sehingga dilain kesempatan ia lebih memilih untuk lintas jurusan.