Harus Bersabar dan Yakin

Tidak Ada Ulat yang Akan Mengatakan Padamu Kalau Nantinya Ia Akan Jadi Kupu-kupu

Banyak orang yang menyepelekan suatu kesempatan karena dianggap tak menguntungkan. Mereka tak hanya meremehkan, namun juga meninggalkannya untuk mencari yang lebih menguntungkan.

Padahal kita tak tahu apa yang terjadi ke depan. Karena itu, saat kita melakukan sesuatu. Jangan setengah-setengah. Lakukan dengan yakin dan sabar, karena mungkin saja hal itu bisa mengubah masa depan kita.

Sumber: https://www.kutipkata.com/kata-kata-inspirasi-hidup/

Apa yang dilakukan oleh orang-orang yang sukses? Bersabar. Selama ini yang kita lihat dari kesuksesan mereka adalah kerja keras dan bakat. Kebanyakan dari kita memilih untuk tidak melihat usaha mereka untuk “bersabar”.

Mereka bisa sukses, jadi orang terkaya di dunia, karena mereka sabar. Sabar yang dimaksud adalah sabar harus mengalami kegagalan hingga berkali-kali, sabar menghadapi penolakan berkali-kali, dan sabar saat dirinya terpaksa harus dipecat dari tempat kerjanya dulu.

Namun seringkali kita hanya menyimpulkan kesuksesan mereka sebagai kerja keras. Kita pun salah menafsirkan, bahwa kita harus bekerja keras! Tapi kita melupakan satu hal, ternyata selain bekerja keras, kita juga harus bersabar.

Berbicara tentang kesabaran dan yakin mengingatkan tentang salah satu cerita luar biasa yamg datang dari zaman nabi, yakni ketika perang badar.

Dahulu sekali, ada masa di mana umat muslim harus berhadapan dengan pasukan kaum kafir Quraisy yang jumlahnya banyak dan persenjataannya lengkap, sementara umat muslim tidak sebanding jumlah bahkan alat dan kelengkapan perangnya.

Tetapi, karena mereka yakin dan percaya bahwa apa yang mereka lakukan, apa yang mereka perjuangkan adalah atas dasar mencintai dan percaya akan kebersaran Allah. Dan apa yang terjadi, kaum muslimin MENANG !!!

Ya, menang melawan kafir Quraisy yang jika diperhitungkan di atas kertas akan MENANG TELAK, tetapi rupanya Allah yang sudah menjamin kemenangan kaum muslimin tersebut. Allah tidak membuat kaum muslimin menang sebelum bertarung, TIDAK. Tetapi Allah melihat kegigihan dan kerja keras yang diperbuat kaum muslimin.

Lihat, mereka, kaum muslimin itu bisa menang hanya karena PERCAYA KEPADA KEBESARAN ALLAH dan PERTOLONGANNYA. Peristiwa Perang Badar, yang merupakan perang pertama umat islam pimpinan Nabi Muhammad SAW, melawan pasukan kafir Quraisy menjadi saksi sejarah tentang kekuatan keyakinan akan kebesaran Allah, menjadi modal utama dalam meraih kejayaan.

Tetapi juga jangan dilupakan bahwa pasukan Badar-nya Nabi Muhammad adalah manusia-manusia pilihan. Mereka adalah generasi terbaik umat Nabi Muhammad SAW. Mereka meniru dan mendapatkan contoh serta tarbiyah langsung dari teladan terbaik seorang hamba Allah, Nabi Muhammad SAW.

Keimanan mereka tak perlu diragukan lagi, ibadah mereka senantiasa mencontoh sunnah Nabi. Tak heran jika pertolongan Allah SWT datang dengan maha dahsyat, meluluh-lantakkan pasukan kafir Quraisy yang berjumlah 3 kali lipat, dan dengan persenjataan yang jauh lebih sempurna.

Pada kisah ini kita bisa belajar bahwa dengan kesabaran terhadap keadaan yang terjadi pada kita dan tetap yakin bahwa usaha kita akan terbayarkan membuat kita semakin semangat menjalani hidup.