Hal yang dapat dipelajari dari kisah Brian Chesky

Brian Chesky merupakan seorang pengusaha yang memulai bisnisnya pada sebuah layanan penyedia akomodasi (sewa kamar/ tempat tinggal) secara online, Airbnb. Semasa pendidikannya, ia telah mendapatkan gelar pada bidang desain dari Rhode Island School of Design. Kisah kesuksesannya dapat menginspirasi banyak pengusaha bahwa dengan menggunakan atau menciptakan sebuah ide yang sangat simple, seseorang dapat menjadi pengusaha yang sukses.

Awal mulanya, ia bersama dengan beberapa temannya menjalankan sebuah tim hoki sampai pada akhirnya bisnis itu tidak berjalan dengan mulus seperti apa yang sudah direncanakan. Lalu dengan melihat kegagalan bisnis tersebut, Brian mengumpulkan teman-temannya untuk merubah bisnis yang semulanya adalah sebuah tim hoki, menjadi sebuah produk baru. Perubahan tersebut yang membuatnya sukses sampai saat ini.

Karir

Airbnb dikembangkan pada tahun 2008 oleh Brian Chesky. Dimulai pada saat ia mengetahui bahwa akan ada konferensi bidang desain yang digelar di kotanya. Pada saat itu, kamar di setiap hotel disekitar apartemennya telah ter-booking habis semua. Ada beberapa orang yang tidak mendapatkan hotel dan pada saat itu, Brian bersama dengan teman sekamarnya sepakat untuk menyewakan kamarnya kepada peserta konferensi tersebut. Mereka merasa senang ketika mendapatkan uang dari penyewaan kamar mereka.

Dengan keinginan untuk menghasilkan uang yang lebih, membuat Airbnb menjadi sebuah perusahaan sangat menguntungkan bagi Brian dan juga bagi banyak orang yang menggunakan jasa Airbnb. Ia berpendapat bahwa ia sangat terinspirasi oleh Walt Disney biografi. Terutama pada komitmen Walt Disney dalam menciptakan karakter dan juga ia sangat memperhatikan penontonnya. Hal tersebut menginspirasi Brian untuk lebih mengembangkan produk miliknya atas apa yang diinginkan oleh konsumen, bukan apa yang dimau oleh pengembangnya sendiri.

“Build something 100 people love, not something 1 million people kind of like” - Brian Joseph Chesky

Salah satu strateginya untuk mengembangkan bisnis yang ia miliki adalah dengan langsung turun ke lapangan untuk mencari sebuah data tentang pendapat orang mengenai produk miliknya. Hasilnya, ia dapat mengumpulkan banyak gagasan, saran, dan juga keluhan yang didapatkan langsung dari para customer.

Melihat kegigihannya, tentu perusahaan yang ia bangun dapat meraih kesuksesan. Melakukan beberapa risat untuk feedback perusahaannya, dan juga mengumpylkan data, yang dimana hal tersebut tidaklah mudah. Hal terpenting adalah niat, jika anda memiliki niat sekaligus tekad yang kuat maka, tidak ada rintangan yang tidak bisa dilewati.

Referensi