Hal penting apa saja yang harus diperhatikan saat membesihkan muka?

Membersihkan wajah, terutama sebelum Anda tidur, merupakan ritual wajib dan penting untuk Anda lakukan setiap malam. Sebab, membersihkan dan mencuci wajah adalah cara untuk menyegarkan kembali kulit Anda. Selain membersihkan kulit, mencuci wajah juga bisa melindungi kulit dari efek samping paparan debu dan polusi selama beraktivitas.

  1. Cuci tangan
    Sebelum mencuci wajah, ada baiknya cuci tangan dahulu hingga bersih. Hal ini untuk mencegah kotoran yang ada ditangan berpindah kewajah. Untuk Anda yang memiliki masalah jerawat, langkah ini jangan sampai dilewatkan.

  2. Jangan gunakan air dingin atau air hangat
    Gunakanlah air dengan suhu sedang, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Sebab, penggunaan air hangat tak baik untuk pembuluh darah di wajah. Sementara itu, air yang terlalu dingin juga tak baik untuk pori-pori di wajah.

  3. Mencuci wajah dua kali sehari
    Jumlah mencuci wajah yang dianjurkan adalah dua kali sehari. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengelupasan kulit berlebih.

  4. Jangan scrub wajah terlalu keras
    Menghilangkan kulit mati di wajah dapat dilakukan dengan menggosok atau scrub wajah secara perlahan. Selain itu, scrub maksimal dilakukan satu minggu sekali. Untuk kulit wajah berjerawat sebaiknya hindari scrub karena bisa membuat jerawat makin meradang.

  5. Cuci wajah habis keramas
    Setelah keramas, jangan lupa untuk mencuci wajah. Ini penting dilakukan untuk menghilangkan sisa sampo yang sarat bahan kimia di wajah.

  6. Cuci wajah tak hilangkan rias wajah
    Meski hanya mengenakan riasan wajah ringan tanpa alas bedak, penting untuk membersihkan wajah dengan toner terlebih dahulu. Sebab, mencuci wajah tak akan dapat membersihkan rias wajah hingga tuntas.

Sumber :