Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan sebuah game?

Proses pembuatan sebuah video game dilakukan oleh sekumpulan programmer dan tentunya banyak pengambilan keputusan yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk game tersebut. Karena selain skill atau kemampuan programming dibutuhkan juga pengambilan keputusan untuk membuat game yang bagus dan berkualitas. Oleh karena itu, Bagaimana cara pengambilan keputusan dengan berpikir logis dalam proses pembuatan sebuah game?

Sebelum kita membuat game, tentu ada banyak faktor yang perlu kita pikirkan agar game yang kita buat menjadi sukses. Keputusan yang perlu kita ambil tentu harus logis dan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, berikut adalah faktor yang perlu diperhatikan sebelum membuat game:

  1. Menentukan Budget
    Sebelum kita ingin membuat game, kita perlu mengetahui berapa besar biaya yang akan kita keluarkan dari membuat game tersebut. Kita juga perlu memikirkan apakah game yang akan kita release berbayar ataupun gratis. Dengan begitu kita bisa tahu keuntungan yang akan kita peroleh.

  2. Menentukan Genre
    Kita perlu tahu genre apa yang akan laku dipasaran, selain itu kita juga harus tahu genre apa yang sedang popular di kalangan penikmat game. Bisa juga kita tidak mengikuti trend dan mengeluarkan game dengan genre tersendiri dengan faktor orisinalitas.

  3. Menentukan Audiensi
    Selain genre kita harus memerhatikan audiensi dari game kita. Misalnya apakah game yang kita buat mengandung kekerasan dan tidak cocok untuk anak-anak, atau game dengan rating semua umur. Dengan menentukan audiensi maka kita akan tahu gambaran game apa yang akan kita buat.

  4. Perhatikan Detail
    Game yang baik adalah game yang dapat menghibur pemainnya. Detail sekecil mungkin harus kita perhatikan, misalnya storyline, musik, background, atau desain karakter. Dan yang lebih penting lagi, kita harus menentukan apakah game yang akan kita buat 2D atau 3D.

  5. Singleplayer atau Multiplayer
    Kita perlu menentukan apakah game yang kita buat singleplayer atau multiplayer. Ini akan menjadi faktor penting dalam harga jual sebuah game. Belakangan ini banyak game multiplayer yang laku di pasaran karena sesama pemainnya bisa saling berinteraksi.

Masih banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam membuat keputusan terutama dalam pembuatan game, berpikir logis merupakan salah satu cara dalam mengambil keputusan.

Sumber : https://www.gamasutra.com/view/feature/131450/guidelines_for_developing_.php

Dalam proses pembuatan game ada faktor yang perlu kita pikirkan. Karena membuat game tidak semudah yang kita bayangkan maka kita harus berpikir logis dalam menentukan game macam apa yang akan kita buat ,berikut faktor yang perlu kita ketahui sebelum membuat game :

  1. Konsep game
    sebelum membuat game kita harus memiliki konsep game apa yang kita ingin buat, seperti genre,audiensi dll.

  2. Menentukan budget
    setelah kita menentukan konsep game seperti apa yang kita inginkan selanjutnya adalah budget. Budget ini sangat penting dalam proses pembuatan game karena untuk membuat game yang berkualitas kita memerlukan budget yang besar.

  3. Proses produksi
    setelah menentukan budget para programmer,designer,artist mulai bekerja, biasanya mereka di bentuk dalam beberapa tim untuk mempermudah dalam pembuatan game.Dalam pembuatan game bisa memakan waktu yang cukup lama sekitar 6 bulan hingga 1 tahun bahkan lebih dari 1 tahun.

  4. Peluncuran
    Setelah proses produksi selesai game akan di luncurkan ke masyarakat luas setelah game tersebut tidak ada masalah seperti bug. Setelah semua bug telah diperbaiki dan semua standar telah ditentukan untuk dipenuhi, versi final dari game dibuat akan diuji dan disetujui untuk diluncurkan. Pada sistem yang dimaksud, jika masih ada bug atau persetujuan tidak terpenuhi, tim produksi akan memperbaiki semua masalah yang dipermasalahkan, memasukkannya ke departemen pengujian mereka lagi untuk memastikan semuanya sudah diperbaiki dan tidak ada yang rusak, dan mengajukannya untuk persetujuan .

Sumber :