Hal-Hal apa saja yang dapat merusak Ikhlas ?

Ikhlas

Ikhlas merupakan sesuatu hal yang bersifat batiniyah dan teruji kemurniannya dengan amalan saleh, ia merupakan perasaan halus yang tidak dapat diketahui oleh siapapun.

Hal-Hal apa saja yang dapat merusak Ikhlas ?

Ikhlas adalah sesuatu yang sangat sulit dicapai, karena banyaknya godaan-godaan agar kita sebagai manusia tidak dapat merasa ikhlas terhadap sesuatu. Hal-hal yang dapat merusak rasa ikhlas dalam diri manusia antara lain :

Riya’


Sifat riya‟ memiliki beberapa tingkatan, jika keseluruhan Tujuannya adalah perbuatan riya‟, maka tentu itu membatalkan ibadah, jika tujuan ibadah dan riya‟ itu sebanding dengan mengurangkan setiap salah satunya, maka ini tidak mendatangkan kebaikan baginya dan tidak pula kejelekan. Keluar kepada manusia dengan pakaian yang bagus adalah riya‟ tetapi tidak haram, kerena didalamnya tidak ada riya‟ dengan amalan ibadah. Jika perbuatannya semata-mata karena riya‟, tanpa ada tujuan ibadah, ketika kemudian terbebas dari riya‟ maka barangkali tidak sia-sia amalannya, namun dikurangi pahalanya, atau disiksa berdasarkan kadar riya‟ yang diperbuatnya.

Tiga ciri-ciri orang riya‟ sebagai berikut:

  • Malas beramal kalau sendirian;

  • Semangat beramal kalau dilihat orang banyak;

  • Amalnya bertambah banyak kalau di puji oleh orang lain, dan berkurang kalau dicela orang lain.

Ciri-ciri orang riya‟, hendaknya dijadikan sebagai rambu-rambu untuk berusaha maksimal membentengi segala amalan kita dari segala bentuk riya‟. Sebagaimana dikutip Abu Laits Samarqandi mengemukakan tiga perkara yang dapat dijadikan benteng amal, sebagai berikut:

  • Hendaknya mengakui bahwa amal ibadahnya merupakan pertolongan Allah swt. agar penyakit ujub dalam hatinya hilang;

  • Semata-mata hanya mencari rida Allah swt. agar hawa nafsunya teratur;

  • Senantiasa hanya mengharap rida Allah swt. agar tidak timbul rasa tamak atau riya‟.

Takabur

Takabur berasal dari bahasa Arab takabbara-yatakabbaru yang artinya sombong atau membanggakan diri. Secara istilah takabur adalah sikap berbangga diri dengan beranggaan bahwa hanya dirinya beranggapan yang paling hebat dan benar dibandingkan orang lain. Takabur semakna dengan ta`azum, yakni menampakan keagungan dan kebesaranya. Banyak hal yang menyebabkan orang menjadi sombong akibat takabur di antaranya dalam ilmu pengetahuan, amal dan ibadah, nisab, kecantikan, dan kekayaan.

Takabur termasuk termasuk sifat yang tercela yang harus di hindari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takabur adalah merasa diri mulia atau hebat, pandai, angkuh, sombong. Dijelaskan dalam firman Allah swt:

“Tidak diragukan lagi bahwa Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.” (Surat al-Nahl: 23).

Di sisi yang lain disadari atau tidak, terkadang seseorang menampakkan sikap angkuh dan takaburnya. Apabila sikap takabur ini hanya dilakukan sesekali, barangkali orang yang di sekelilingnya belum memberikan predikat sebagai orang yang takabur. Predikat takabur ini biasanya baru diberikan ketika perbuatan takabur itu berulang-ulang kali dilakukan dan ditampakkannya, baik berupa sikap, perkataan, maupun cara bertingkah laku. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita menghindarkan diri dari sifat dan perilaku sombong ini. Teladan seorang muslim adalah Rasulullah saw. Beliau adalah sosok manusia yang bergelimang kemuliaan dan kelebihan, namun beliau tidak pernah sedikitpun merasa lebih. Rasulullah saw sebagai pemimpin yang mempunyai derajat tinggi, tetapi tidak menganggap dirinya lebih tinggi dari para pengikutnya.

Dari definisi tersebut maka jelaslah, takabur merupakan suatu sifat dimana ia merasa lebih dibanding orang lain, baik itu lebih dari sisi materi, lebih dari sisi fisik, lebih dari sisi ibadah, dan sebagainya, sehingga ia menganggap rendah dan remeh orang lain.

Perbedaan Takabur dengan Sombong ialah sombong itu membangggakan dirinya sekali saja sedangkan takabur ialah membangakan dirinya secara terus-menerus.

Macam-macam takabur, yaitu:

  • Takabur kepada Allah dan Rasulullah yakni ketika seseorang tidak mau menerima bahkan menentang kebenaran dari Allah swt. dan ajaran Rasulullah saw. Beberapa contohnya adalah: ada diantara kita yang menyatakan bahwa salat tidak ada gunanya dan puasa itu hanya membuat kita sengsara;

  • Takabur kepada sesama manusia, hal ini karena seseorang merasa mempunyai kelebihan dari orang-orang disekitarnya, kelebihan itu bisa berupa: ilmu (kecerdasan), amal, nasab (keturunan), rupa, kekuatan badan, kekayaan, kedudukan, banyak teman, sanak keluarga, keahlian dan sebagainya.

Cara-cara menghindari perilaku takabur, yaitu:

  • Tanamkan keimanan yang kuat di dalam hati;
  • Hilangkan sifat ujub;
  • Mengetahui dan menyadari akibat negatif dari sombong;
  • Hindari pergaulan dengan orang-orang yang biasa bersikap sombong;
  • Biasakan melihat seseorang dari segi kelebihannya, agar kita mampu menghargainya;
  • Selalu menyadari segala nikmat yang kita miliki adalah titipan dari Allah agar mudah untuk mensyukuri nikmat Allah dan menggunakanya untuk kebaikan dan memperbanyak amal saleh;
  • Berlaku rendah hati, santun dan tenggang rasa kepada siapapun;
  • Perhatikanlah bagaimana kehancuran yang di temui oleh orang sombong akibat ulahnya;
  • Berdoalah kepada Allah swt. agar diberi kekuatan menghindari sikap perbuatan sombong.

Diantara sebab timbulnya rasa takabur adalah melupakan akan akibat buruknya. Akibat buruk dari Takabbur antara lain :

  • Terhalang dari memperhatikan dan mengambil pelajaran terhadap sesuatu, hal ini disebabkan orang yang takabur merasa lebih tinggi dari hamba-hamba Allah swt yang lain. Maka secara sadar atau tidak sadar ia telah melampaui batas hingga menempati kedudukan Illahi. Orang seperti ini sudah barang tentu akan terkena sangsi dan sangsi atau hukuman yang pertama ialah terhalang dari memperhatikan dan mengambil pelajaran terhadap sesuatu.;

  • Kegoncangan jiwa, orang yang takabur dan merasa lebih tinggi dari pada orang lain, berkeinginan agar orang lain menundukkan kepala kepadanya, tetapi harga diri manusia sudah barang tentu tidak mau berbuat demikian dan memang pada dasarnya mereka tidak disiapkan untuk hal itu. Karena keengganan orang lain untuk menundukkan diri kepadanya, berarti ia gagal memasuki keinginannya. Maka sebagai akibatnya timbullah kegoncangan dalam jiwanya;

  • Selalu dalam keadaan aib dan kekurangan;

  • Terhalang untuk masuk Surga.

Cara menghindarkan takabur dari sifat tercela yaitu merendahkan diri, dan selalu ingat kepada Allah swt. Adapun dalil-dalil tentang takabur sebagai berikut:

“Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah- Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina”

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung”.

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri”.

Ghadab

Kata Ghadab berasal dari kata ghadaba artinya marah, al-ghadabu dalam bentuk isim berarti lembu, singa, al-ghudub artinya ular yang jahat. Adapun cara mengendalikan kemarahan itu dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, yaitu:

  • Berzikir kepada Allah;
  • Membaca selawat kepada Nabi Muhammad saw.;
  • Berwudu atau mandi;
  • Membaca taawud;
  • Segera mengubah keadaan ketika marah.

Berikut beberapa dampak negatif dari sekian banyak dampak negatif dari marah, yaitu:

  • Dijauhi teman atau saudara;
  • Untuk kesehatan, dapat menyebabkan darah tinggi, batuk dan cepat tua;
  • Meretakkan hubungan persaudaraan;
  • Menimbulkan kebencian, perkelahian, permusuhan dan sakit hati;
  • Keputusan dan tindakan orang marah cenderung menambah masalah;
  • Dibenci Allah swt. dan dapat terjauhkan dari ampunan dan surga Allah.

Cara-cara menghindari dan menghilangkan sifat marah secara umum dan garis besarnya adalah sebagai berikut:

  • Ketahuilah akibat buruk dari marah;
  • Meningkatkan takwa dan ibadah, serta memupuk sifat sabar;
  • Mengevaluasi akan kesalahan yang telah dilakukan;
  • Lapang dada, luas pandangan, gunakan akal dan pikiran serta tidak emosional;
  • Membaca taawud atau memohon perlindungan Allah dari godaan setan yang selalu membangkitkan amarah;
  • Apabila marah segeralah memberi maaf.

Ketika timbul perasaan marah, hendaklah duduk sambil ingat Allah, kalau duduk masih marah juga, hendaklah segera berwudu, karena dengan berwudu badan terasa segar, kemarahan dipengaruhi setan dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan oleh air, maka setan dibasmikan oleh dinginnya air wudu.

‘Ujub

Ujub atau bangga diri adalah sifat orang yang membanggakan dirinya sendiri karena memiliki kelebihan daripada orang lain, misal kaya raya, pandai, dan lain sebagainya, orang yang seperti itu tidak merasa takut kehilangan kesempurnaan (kelebihannya) itu, ia sangat bangga terhadap kenikmatan itu seolah-olah semua itu keberhasilan yang diperoleh dari usahanya sendiri, ia tidak mengakui bahwa semua kenikmatan dan kebahagiaan itu sebenarnya datang dari Allah. Ujub merupakan penyakit yang membinasakan atau membahayakan karena termasuk perbuatan tidak terpuji di sisi Allah swt.

Hasad

Hasad yaitu perasaan yang timbul dalam diri seseorang setelah memandang sesuatu yang tidak dimiliki olehnya, tetapi dimiliki oleh orang lain, kemudian dia menyebarkan berita bahwa yang dimiliki orang tersebut diperoleh dengan tidak sewajarnya.

Dengki adalah keinginan hilangnya nikmat dari orang lain, yang disebabkan adanya rasa sakit hati, rasa dendam, rasa banci dan adanya sifat ujub (merasa dirinya paling hebat) serta sifat sombong, sehingga ia akan sekuat tenaga untuk menjatuhkan dan menghilangkan kenikmatan dari diri seseorang tersebut. 63

Ciri-ciri orang yang memiliki sifat dengki adalah senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang, seorang pendengki itu selalu mencari kejelekan dan berusaha menghancurkan seseorang yang didengki supaya tidak mendapat kesuksesan, kebahagiaan atau pujian dari orang lain, ia akan lebih senang jika melihat orang yang didengkinya menderita dan sengsara. Islam mendidik umatnya agar menjauhi sifat hasad.

Seseorang memiliki sifat hasad, sifat tersebut dapat merusak kebaikan yang telah dilakukan sebelumnya, rusaknya pahala kebaikan yang telah dilakukan diibaratkan seperti rusaknya kayu bakar yang termakan api. Adapun cara untuk menghilangkan hasad, antara lain sebagai berikut :

  • Rajin mendengarkan nasihat keagamaan;
  • Rajin mendatangi majelis-majelis ilmu, terutama pengajian;
  • Memperbanyak bergaul dengan orang saleh;
  • Melatih diri untuk dapat menerima kenyataan hidup yang dialami.
Referensi
  • Muhammad Sholihin, Tasawuf Aktual Menuju Insan Kamil (Semarang: Pustaka Nuun, 2004)
  • Al-Ghazali, Mutiara Ihya „Ulumuddin , Terj. Irwan Kurniawan (Bandung: PT. Mizan Pustaka, 1990)
  • Syamsudin Al-Dzahaby, Al-Kabair (Jakarta: Dinamika Berkat Utama, t.t)
  • Al-Faqih Abu Lais Samarqandi, Tanhib Al-Ghafilin Pembangun Jiwa dan Moral Umat, terj. Abu Imam Taqiyuddin, (Malang: Dar al-Ihya, 1986)
  • Al-Gazhali, Hujjatul Al-Iskam, Abu Hamid, Menjauhi Perbuatan Maksiat (Bandung: CV. Pustaka Setia)
  • Soepardjo dkk, Mutiara Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam (Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2004)
  • A. Zainuddin dan Muhammad Jamhari, Al-Islam 2: Muamalah dan Akhlak (Bandung: Pustaka Setia, 1999), 107.
  • Zumroh, Tomboi Ati (Surabaya: Mitra Jaya, 2011).