Hal apa saja yang tidak boleh dilakukan sesudah melakukan pembersihan karang gigi?

apa saja hal yang tidak boleh dilakukan sesudah melakukan pembersihan karang gigi?

Salah satu permasalahan gigi yang sering dihadapi menumpuknya karang gigi. Karang gigi sendiri biasanya terjadi karena penumpukan sisa makan yang mengeras dan menempel di gigi. Sebagian orang memilih cara sederhana yaitu dengan rajin menggosok gigi. Namun hal itu tidak bisa menjangkau karang gigi yang sudah keras dan terletak di belakang gigi.

Maka dari itu biasanya cara yang dilakukan untuk membersihkan karang gigi adalah dengan proses scaling dengan dokter gigi. Pembersihan karang gigi bisa dilakukan dengan dokter gigi dengan tujuan untuk menghilangkan dan membersihkan karang gigi yang menumpuk. Namun ternyata ada beberapa pantangan yang perlu diperhatikan setelah membersihkan karang gigi. Berikut beberapa pantangan setelah membersihkan karang gigi yang perlu dihindari:

1. Makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin

Biasanya setelah proses membersihkan karang gigi akan membuat gigi menjadi lebih sensitif dari biasanya untuk sementara waktu. Makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas bisa mempengaruhi syaraf di gigi yang baru saja dibersihkan karangnya sehingga bisa meningkatkan resiko ngilu pada gigi. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin untuk mencegah rasa ngilu di gigi.

2. Makanan keras dan kecil yang bisa menusuk-nusuk

Mengunyah makanan dengan tekstur keras biasanya kan menciptakan rasa tidak nyaman bahkan rasa ngilu. Selain itu hindari makanan kecil yang remahannya bisa menusuk-nusuk. Beberapa makanan yang dimaksud seperti keripik, jagung goreng, kacang goreng dan snack lain yang sejenis. Makanan kecil dengan tekstur yang menusuk bisa meningkatkan resiko gusi berdarah dan bengkak. Ada baiknya menghindari makanan dengan tekstur demikian selama kurang lebih 5 hari setelah melakukan scalling.

3. Tidak menjaga kebersihan rongga mulut

Karang gigi terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna. Karang gigi adalah rumah bakteri di rongga mulut sehingga bisa menimbulkan berbagai resiko gangguan dan penyakit gigi. Disarankan untuk selalu membersihkan karang gigi guna mencegah datangnya kembali plak dan karang gigi. Setidaknya gosoklah gigi setiap hari secara teratur minimal 2 kali sehari. Tak lupa pula agar selalu mengontrol kesehatan gigi setiap enam bulan sekali.

Itulah beberapa pantangan yang perlu dihindari setelah melakukan pembersihan karang gigi. Sekalipun membersihkan karang gigi menimbulkan beberapa efek samping, namun itu lebih baik daripada membiarkan karang gigi menjadi menumpuk sehingga bisa menimbulkan penyakit.

http://dentaluniverseindonesia.com/2018/02/ini-dia-pantangan-sesudah-melakukan-pembersihan-karang-gigi/

Berikut beberapa pantangan setelah membersihkan karang gigi yang perlu dihindari.

  1. Makanan dan minuman yang terlalu panas
    Salah satu hal yang perlu dihindari usai membersihkan karang gigi adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas. Penyebabnya adalah proses pembersihan karang gigi akan membuat gigi menjadi lebih sensitif dari biasanya untuk sementara waktu. Karena akar gigi yang biasa tertutup oleh karang, kini akan lebih terbuka. Sehingga biasanya gigi akan menjadi lebih sensitif dalam beberapa hari. Selama menunggu proses remineralisasi gigi setelah pembersihan karang gigi, sebaiknya Anda menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas untuk mengegah rasa ngilu di gigi.

  2. Makanan dan minuman yang terlalu dingin
    Pantangan setelah membersihkan karang gigi berikutnya adalah menghindari makanan dan minuman yang terlalu dingin. Sama halnya dengan makanan yang suhunya terlalu panas, makanan dengan suhu terlalu dingin juga bisa mempengaruhi syaraf di gigi yang baru saja dibersihkan karangnya. Sehingga makanan dan minuman dingin akan meningkatkan risiko gigi ngilu pasca pembersihan karang gigi. Syaraf gigi itu salah satu Struktur Gigi dan Fungsinya adalah sebagai bagian inti gigi.

  3. Langsung makan setelah scalling
    Anda juga disarankan untuk menunggu beberapa saat setelah pembersihan karang gigi untuk mengonsumsi sesuatu. Karena biasanya proses pembersihan karang gigi ada yang menggunakan obat bius atau anestesi. Pengaruh efek anestesi ini adalah mati rasa, dimana rongga mulut tidak akan merasakan apa-apa. Sehingga di khawatirkan Anda tidak bisa merasakan rabaan-rabaan di dalam rongga mulut. Jika efek anestesi belum hilang dan Anda tetap makan, akan meningkatkan risiko tergigit tanpa disengaja. Maka dari itu sebaiknya tunggu hingga efek bius hilang.

  4. Makanan yang keras
    Selain makanan dengan suhu yang panas dan dingin, pantangan setelah membersihkan karang gigi berikutnya adalah makanan dengan tekstur yang keras. Seperti yang dijelaskan di atas, proses setelah membersihkan karang gigi akan membuat gigi menjadi lebih sensitif dari biasanya dalam beberapa hari. Sehingga mengunyah makanan yang teksturnya keras tidak akan direkomendasikan untuk kondisi tersebut. Hal ini dicemaskan dapat menciptakan rasa tidak nyaman bahkan rasa ngilu. Makanan tekstur lunak juga merupakan salah satu Makanan Untuk Pemakai Behel Pemula.

  5. Tidak minum obat
    Setelah membersihkan karang gigi biasanya akan diberikan sejumlah obat pasca scalling. Sebaiknya jangan lupa untuk menonsumsi obat tersebut karena obat ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman bahkan ngilu setelah perawatan scalling gigi.

sumber : https://halogigi.com/