Gudeg mana yang legendaris di Jogja ?

Jogja adalah kota dengan banyak aneka sejarah di dalamnya, tak lain kuliner disana pun sudah menjadi legenda, dan gudeg adalah makanan khas dari Jogja, gudeg manakah yang sudah melegenda di Jogja ?

  1. Gudeg Yu Djum
    Warung Gudeg Yu Djum adalah warung gudeg yang sudah buka sejak tahun 1951. Gudeg Yu Djum disajikan bersama krecek pedas, ayam, dan telor bumbu gudeg termasuk tempe dan tahu bacemnya.
    Yu Djum masih dimasak dengan cara tradisional dan bumbu pilihan dengan cita rasa gurih dan manis yang tidak berlebihan alias pas.

  2. Gudeg Mbareg Bu Hajah Amad
    Gudeg Mbarek Bu Hajah Amad menyajikan gudeg kering tanpa kuah. Gudeg ini sudah ada sejak tahun 1965 dan telah beganti kepemilikan beberapa generasi.
    Gudeg Mbarek Bu Hajah Amad memiliki cita rasa gurih, bukan manis. Jadi, rasanya agak berbeda dengan gudeg biasanya.

  3. Gudeg Sagan
    Gudeg Sagan cukup terkenal di Jogja. Warung gudeg ini sudah ada sejak 2003 di mana namanya diambil dari nama Kampung.
    Gudeg ini memiliki beragam menu yang bisa dijangkau oleh para anak sekolah dan mahasiswa mulai dari Rp 9 ribu saja.

  4. Gudeg Mercon Bu Tinah
    Gudeg Mercon Bu Tinah cukup berbeda dari gudeg biasanya karena gudeg ini memiliki cita rasa pedas. Jadi bisa dibilang gudeg ini cocok untuk lidah orang Indonesia. Selain itu, harganya juga ramah kantong sekitar Rp 15 ribu.

  5. Gudeg Bu Tjitro
    Gudeg di sini seporsi banyak. Harga mulai dari Rp 100 ribu. Bisa berhemat bersama keluarga atau kawan.
    Gudeg Bu Tjitro sudah ada sejak tahun 1925. Gudeg warung Bu Tjitro identik dengan kacang tolo yang beda dari tempat lain. Uniknya, warung gudeg Bu Tjitro ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu lebih dari 400 tamu sehingga para pelanggan tidak perlu khawatir saat ingin mencoba menikmati gudeg Bu Tjitro.

  6. Gudeg Permata Bu Pujo
    Gudeg Permata Bu Pujo adalah warung gudeg yang berdiri sejak tahun 1951. Gudeg ini memiliki dua sajian kering dan basah. Urusan manis, manisnya gudeg Permata Bu Pujo masih asli. Jika Kamu ingin merasakan gudeg pedas saat berada di Gudeg Permata Bu Pujo Kamu juga request kepedasannya.
    Sambal kreceknya bertabur rawit yang pedas, kalau tidak ingin kepedasan lebih baik hati-hati saat menyantapnya. Soal lauk pendamping gudeg ini juga memiliki menu yang sama dengan resto yang lain yaitu bacem tahu dan tempe, kepala ayam, sayam, ceker, paha atas, hingga ati ampala.

  7. Gudeg Pawon
    Pawon dalam bahasa Jawa artinya ‘dapur’. Sesuai namanya, gerai ini menyajikan gudeg langsung dari dapurnya. Uniknya lagi Gudeg Pawon ini buka pukul 10 malam hingga dini hari.
    Gudeg ini sudah dirintis sejak tahun 1958 oleh Bu Prapto Widarso dan identik dengan hidangangudeg basah yang dilengkapi dengan sambal krecek pedas, ayam kampung yang empuk dan tentu saja sayur nangka muda.

  8. Gudeg Bu Tekluk (Gudeg Bromo)
    Jika Kamu wisata malam maka Gudeg Bu Tekluk alias Gudeg Bromo adalah teman yang bisa Kamu pilih. Kedai gudeg ini buka pukul 11 malam dan tutup pukul 5 pagi.
    Gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam merupakan sajian utama dari warung tenda ini.