Graffiti Sudut-sudut Kota Melbourne

Belum banyak yang memberikan perhatian terhadap seni jalanan macam graffiti maupun mural di Indonesia. Pelaku seninya mulai tumbuh, namun hanya beberapa yang memiliki karakter dan karya yang otentik. Namun setidaknya beberapa pihak telah mulai memberikan perhatian terhadap hal ini. Seperti yang terdapat di Solo atau juga di Pulo Geulis Bogor. Pemandangan seni jalanan yang lebih ekstrim dapat kamu temukan di Melbourne. Di sudut kota yang terbunyi di balik gedung-gedung tinggi. Namun tempat ini malah menjadi destinasi wisata turis internasional. Seperti apa geliat graffiti Melbourne di tempat-tempat ini?

1. Hosier Lane

Hosier Lane merupakan salah satu ikon seni jalanan yang paling sering menjadi tujuan turis. Karena aksesnya bisa dibilang cukup mudah untuk ditemukan, dengan bentuk gang dan liku gedung yang lebih kompleks. Jalan berliku ini juga memiliki material yang unik, bluestone. Lokasinya berada tak jauh dari Dreamworks Studio.

image

2. Union Lane

Union Lane adalah salah satu gang kecil di Melbourne dengan warna-warna graffiti dan mural. Menariknya lagi, proses pembuatan graffiti di sini benar-benar terkoordinir dan melibatkan banyak pihak. Bukan seni corat-coret ilegal, karya yang akan kamu temui di tempat ini merupakan proyek Mentoring Graffiti Melbourne. Karena sempat dirusak oleh tangan-tangan nakal, tahun 2010 tempat ini didekorasi ulang.

3. Yarra Place

Berbeda dengan tiga tempat sebelumnya, yang berada di gang, seni-seni di Yarra Place bertebaran di kafe maupun rumah warga. Lokasinya pun berada di jalanan yang cukup lebar. St. Ali merupakan salah satu kafe yang cukup populer dan sering menjadi destinasi turis maupun warga lokal untuk hangout.