Gigi Palsu Tertelan, Bagaimana Cara Memberi Pertolongan Pertama?

Beberapa hal yang kadang kita tidak sengaja lakukan namun berbahaya termasuk menelan gigi palsu, bagaimana penanganannya?

Gigi palsu tertelan secara tidak sengaja sebenarnya relatif jarang terjadi. Namun dalam beberapa kasus khusus, gigi tersebut tersangkut di kerongkongan. Salah satu kasus yang dilaporkan di BMJ Case Reports menyebut seorang pria di India tak sengaja menelan gigi palsunya sendiri saat mengalami serangan epilepsi. Celakanya, gigi tersebut tersangkut di kerongkongan dan memicu penyumbatan.

Pada kasus lain, seorang lansia di Inggris bahkan baru menyadari bahwa gigi palsunya tertelan setelah 9 pekan. Sama seperti kasus sebelumnya, gigi palsu yang tertelan oleh nenek ini juga tersangkut di kerongkongan dan baru ketahuan mengalami infeksi.

Menurut drg William Tanzil, Sp Pros, dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC), kasus seperti ini relatif jarang ditemui. Jika gigi palsu mendadak hilang, biasanya disebabkan karena jatuh atau tertinggal di suatu tempat.

Jika benar-benar tertelan, boleh-boleh saja berharap gigi palsu tersebut akan keluar dengan sendirinya bersama kotoran setelah terdorong oleh gerakan usus. Namun penanganannya akan menjadi lebih rumit jika gigi palsu tersebut tersangkut di kerongkongan.

“Kalau nyangkut ya mau nggak mau harus diambil dengan cara operasi,” kata drg William.

http://klinikjoydental.com/gigi-palsu-tertelan-bagaimana-cara-memberi-pertolongan-pertama/