Game Dev Story, game menjadi pengembang game

image

Kalian ingin merasakan getar-getir dan sibuknya menjadi pengembang game? Maka aku saranin main game ini.

Game Dev Story adalah sebuah game kembangan Kairosoft, pengembang yang ahli dalam menciptakan game Andoid dengan grafis 8-bit. Seperti pada namanya, pada game ini kita bersimulasi menjadi seorang eksekutif pada perusahaan pengembang game. Kamu harus mengatur seperti apa game yang mau kamu buat, kapan deadlinenya, pada platform apa game itu akan dirilis, dan siapa saja pihak yang akan mengerjakan game tersebut. Nantinya kesuksesan game-mu akan dinilai dari review orang lain dan penjualannya.

image

Kamu yang menjadi eksekutif pun harus tahu seperti apa karyawan yang baik untuk kita rekrut, dan pada tugas apa yang akan kamu kasih ke mereka. Kamu juga menjadi penentu dalam cara pengiklanan game-mu, mulai dari mulut ke mulut sampai yang paling aneh yaitu mengiklankannya di Bulan. Hype yang kamu berikan pada pemain game juga menentukan jumlah orang yang datang ke bilikmu pada saat Game Fair di dunia game.

image

image

Hati-hati saja ketika bermain game ini, karena aku pun kecanduan karena sangat bagus dalam penyampaian ‘cerita’ keseharian kita sebagai pengembang game. Oh iya, ini merupakan game yang sudah lama dirilis, jadi kamu sudah bisa dapatkan di hp smartphone kamu melalui Play Store atau iTunes.

Menurutku Kairosoft sebagai pengembang game dengan grafis 8-bit ini benar-benar jenius. Pasalnya memang fitur-fitur yang ada dalam game ini seperti manajemen pengembangan game, pengiklanan, perekrutan dan perkembangan perusahaan game ini dilakukan serealistis mungkin. Kamu bakal benar-benar disibukkan dengan micromanagement pada level-level awal, yaitu saat perusahaan kamu selevel start-up yang hanya bisa merilis game-game kecil. Nantinya saat perusahaanmu sudah besar kamu bakal diingatkan dengan jerih payahmu sampai mencapai titik ini. Untuk game yang dihargai sebesar Rp. 34.000,00 ini aku nggak menyesal untuk membelinya.

Bagi yang belum jelas seperti apa sih gameplaynya, cek disini :