Galaksi GN-z11 sebagai galaksi terjauh ditemukan tidak hanya satu tapi banyak

image

Melihat kegelapan antariksa, bila mampu melihat yang satu ini adalah sebuah galaksi GN-z11 yang jauhnya sudah miliaran tahun. Cahaya berwarna merah ini datang begitu terlambat, mungkin menjadi cahaya paling jauh yang pernah ditemukan astronom mengunakan teleskop Hubble. Usia alam semesta sendiri diperkirakan sudah berusia 13,8 miliar tahun. Dihitung sejak terjadinya Big Bang atau ledakan besar yang melemparkan seluruh isi alam semesta menjadi seperti sekarang.

Seluruh galaksi terbentuk, planet dan bintang adalah isi dari alam semesta, dimana kita salah satu mahluk hidup yang tinggal di Bumi.

Mengenai galaksi GN-z11, cahaya ini terlihat pada jarak 400 juta tahun setelah terjadinya Big Bang.

image

Tunggu ada yang salah dalam hitungan usia. Penjelasannya dibawah ini:

• Saat ini kita hidup di alam semesta yang usianya sudah 13,8 miliar tahun. Ditandakan dengan sisi kiri gambar dibawah “Waktu saat ini”. Saat ini galaksi bintang planet sudah terbentuk.
  • Foto diatas adalah galaksi GN-z11 yang dipublikasikan oleh ESA badan antariksa Eropa mengunakan teleskop Hubble dan Spitzer terlihat seperti gumpalan awan berwarna merah. Foto tersebut adalah sebuah galaksi. Disebutkan sebagai galaksi dengan usia 400 juta tahun setelah terjadi Big Bang.
  • Foto galaksi GN-z11 adalah foto atau cahaya yang datang terlambat sampai ke Bumi. Memiliki jarak ke Bumi sampai 13,4 miliar tahun cahaya jauhnya dari Bumi.
  • Foto galaksi GN-z11 yang ditangkap oleh para astronom, dipastikan bukan seperti yang didapat oleh teleskop.Karena gambar yang dilihat sekarang ini adalah gambar masa lalu. Mengingat alam semesta begitu luas, dan disebutkan tidak ada batas. Galaksi tersebut terlihat seperti galaksi purba dimana pembentuk galaksi baru muncul dengan pembentukan bintang generasi pertama.

Gambar dibawah memberikan gambaran dimana letak gambar galaksi NG-Z11 didapat, dan disebutkan berusia 400 juta setelah Big Bang.

Kiri adalah posisi teleskop Hubble (panah kiri Hijau) melihat galaksi NG-Z11 di sisi kanan. Begitu jauhnya hanya terlihat gumpalan berwarna merah

Teleksop Hubble melihat galaksi NG-Z11 adalah “cahaya dari galaksi NG-Z11 ketika galaksi tersebut berada pada jarak 13,4 miliar tahun cahaya dari Bumi”.

Begitu jauhnya sampai cahaya yang dilihat oleh teleskop datang amat sangat terlambat selama 13,4 miliar tahun dari waktu disana (dari foto yang didapat saat ini)

image

Bila manusia bisa pergi ke galaksi NG-Z11 saat ini, apakah galaksi itu memang ada disana. Tentu saja tidak, mungkin sudah menghilang walau teleskop Hubble dan kita masih dapat melihat galaksi tersebut saat ini.

Karena beberapa galaksi primitif di awal pembentukan galaksi bisa saja bergabung, atau bertabrakan dengan galaksi lain.

Foto galaksi NG-Z11 diabadikan oleh 2 teleskop Hubble dan teleskop Spitzer. Galaksi NG-Z11 sebelumnya dihitung sudah mengalami pergeseran cahaya Redshift sampai 8.68, dan terakhir sudah dipastikan memiliki angka Redshift 11.1 atau setara waktu 400 juta tahun setelah terjadinya Big Bang.

Ukuran galaksi NG-Z11 diperkirkan lebih kecil dari galaksi kita Bima Sakti, mungkin bentuknya hanya 1/25 dari Bima Sakti. Sedangkan rata rata galaksi yang ada saat ini, rata rata memiliki ukuran 20x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Apakah manusia bisa melihat benda lebih jauh lagi. Menurut ahli ESA, galaksi di usia 200-300 juta tahun setelah terjadinya Bing Bang belum banyak muncul bintang . Setelah masa tersebut seperti 400 juta tahun setelah terjadi Big Bang, akan terjadi pembentukan bintang begitu cepat seperti yang terlihat di galaksi NG-Z11.

Foto seperti galaksi NG-Z11 mungkin adalah kelompok bintang baru atau bintang paling awal, dengan pertumbuhan 20x lebih banyak dibanding galaksi kita saat ini