Gabe Newell : Pendiri Portal Game Valve

##Biografi, Gabe Logan Newell

###Pekerjaan

Founder, President and Managing Director, Valve Corporation

###Afiliasi lainnya

###Tempat dan Tanggal Lahir

Seattle, Washington, U.S., November 3, 1962

###Kewarganegaraan

American

###Pendidikan

Drop Out, Harvard University

###Total Kekayaan

$4.1 Billion Dollar - 53,3 Trilliun Rupiah (2016)

###Peringkat berdasarkan Forbes

  • 47 Richest In Tech (2016)
  • 810 Richest In The World (2016)
  • 288 Richest in United States (2016)

##Riwayat Hidup


Siapa itu Gabe Newell? Gabe Newell adalah orang yang memiliki peranan penting dalam kesuksesan game DOTA 2 dan Counter Strike. DOTA 2 dan Counter Strike saat ini bisa dibilang 2 game yang sangat populer. Dua game itu selalu diminati dan tak lekang oleh waktu. Terutama DOTA 2 yang setiap tahun nya diadakan Tournament Internasional dimana Professional Team dari berbagai belahan dunia yang bertanding untuk memperebutkan hadiah yang mencapai jutaan dollar. Benar-benar fantastis hanya untuk ukuran pertandingan sebuah game saja. Belum lagi Professional Team ini bukan lah sebuah team yang bermain tanpa arah dan tujuan yang jelas. Team-team ini sudah seperti layaknya team sepak bola dimana para pemain nya digaji dan memiliki manajemen untuk mengatur perkembangan team tersebut. Itulah yang perlu kita ketahui dari sisi luar nya, dan mulai memahami sisi dalam nya yaitu mengenal Gabe Newell.

DOTA 2 dan Counter Strike mungkin tidak akan pernah ada bila Gabe Newell tidak keluar dari Microsoft. Gabe Newell atau biasa disebut oleh gamer steam sebagai Lord Gaben, adalah co-founder dari valve. Valve corporation ini lah yang bersama teman nya dari Microsoft Mike Harrington, Gabe mengembangkan game Half-Life dengan uang yang mereka kumpulkan selama bekerja di Microsoft yang menjadi awal dari game Counter Strike yang saat ini begitu populer dengan genre First Person Shooter (FPS). Selanjutnya Gabe mengembangkan Half-Life menjadi Half-Life 2.

Ditengah pengembangan game Half-Life 2, Gabe mulai mengembangkan Steam Project, yaitu aplikasi digital yang mendistribusikan games-games original secara online. Pada awalnya orang-orang mencemooh Steam Project ini karena dianggap menjual game secara online adalah konsep yang asing. Namun Gabe memiliki keyakinan Steam Project akan menjadi masa depan platform gaming. Dari Steam ini, Gabe ingin membuat sebuah komunitas untuk semua pemain dan fans Valve dalam satu wadah. Dan akhirnya saat ini keyakinan Gabe terbukti dengan Steam merajai penjualan games-games secara online yang membuat Gabe mendapatkan kekayaan sebesar $2.2 Milliar dan menempati rangking 1415 orang terkaya dunia. Dengan kontribusinya dalam industri Video Games, Gabe mendapatkan penghargaan BAFTA Fellowship pada Maret 2013 karena pencapaian dan kreativitasnya yang luar biasa.

Pada Desember 2010, Forbes menyebut Gabe Newell sebagai “A Name You Should Know” atau nama yang perlu kita ketahui. Gabe Newell memiliki nama lengkap Gabe Logan Newell. Ia lahir pada 3 November 1962 di Seattle, Washington. Newell tumbuh di Davis, California dan lulus dari Davis Senior High School pada tahun 1980 yang selanjutnya melanjutkan pendidikan di Harvard University sampai 1983. Di Harvard University ini Gabe Newell Drop Out atau dikeluarkan setelah menerima ajakan Steve Balmer untuk bekerja di Microsoft. Selanjutnya ia bekerja di Microsoft selama 13 tahun dan memiliki peranan dalam pengembangan Windows generasi awal keluaran Microsoft dan ia juga menjadi seorang Microsoft Millionaire karena berhasil memperoleh total gaji lebih dari satu juta dollar. Pada tahun 1996, dengan mereka sebagai Microsoft Millionaire, Gabe Newell keluar dari Microsoft untuk mengembangkan perusahaan sendiri yang lahirlah Valve dengan teman nya Mike Harrington.

##Referensi


1 Like

Bagi para pemain game PC, tidak mungkin tidak mengenal Gabe Newell. Gabe adalah seorang co-founder dan berposisi sebagai managing director dari Valve perusahaan pengembang video game dan distributor game digital. Ia tercatat berada di urutan ke 47 dari kategori orang terkaya di bidang teknologi dengan kekayaan sebesar 4,1 milyar dollar.

Gabe lebih dikenal dengan nama Lord Gaben oleh para komunitas gamer. Sebutan ini diekspresikan karena Gabe adalah orang yang aktif di dunia maya, bahkan ia memiliki sebuah laman fans di reddit. Gabe sendiri juga orang yang ramah, ia banyak membalas email yang masuk kepadanya meski email tersebut adalah email iseng. Jika ditanya tentang game favoritnya, satu yang keluar adalah Team Fortress 2. Dia sering bermain dengan pemain di seluruh belahan dunia, uniknya Gabe memiliki sebuah item khusus bernama Ban Hammer yang dapat mencekal akun Steam player yang dinginkannya.

Gabe sendiri adalah seorang drop-out dari Harvard, sama seperti Bill Gates. Ia memutuskan untuk drop-out dari kampus bergengsi tersebut setelah diajak oleh Steve Ballmer yang saat itu menjabat sebagai Kepala Seksi Penjualan untuk bekerja di Microsoft. Gabe akhirnya bekerja pada perusahaan milik Bill Gates tersebut dan menjadi seorang “Microsoft Millionaire” (sebutan bagi karyawan Microsoft yang berhasil bekerja dan memperoleh total gaji lebih dari satu juta dollar).

Pada tahun 1996, Newell dan rekan kerjanya, Mike Harrington memutuskan untuk mencoba hal baru dengan keluar dari Microsoft. Tak diragukan, karena mereka keluar sebagai Microsoft Millionaire, maka dari itu mereka berani untuk mendirikan perusahaan mulai dari nol berkat adanya sokongan modal sendiri. Newell sendiri sebenarnya terinspirasi oleh Michael Abrash, pegawai Microsoft lain yang keluar dan bekerja di Quake milik id Software. Bersama dengan Mike, mereka mendirikan Valve Corporation. Tak lama setelah Valve stabil, mereka merilis game pertamanya: Half-Life.

Tak lama setelah Mike undur diri dari Valve, Half-Life laku besar besaran di pasaran, maka dari itu Gabe yang saat itu menjadi direktur solo, memutuskan untuk membuat sebuah komunitas yang bisa merangkul semua pemain dan fans Valve dalam satu wadah besar, maka lahirlah Steam yang dipamerkan di GDC pada tahun 2002. Tujuan besar Steam adalah untuk menjual game melalui content download. Banyak yang mentertawakan ide Valve ini karena jual beli game dengan cara online adalah konsep yang sama sekali asing pada saat itu. Setelah diluncurkan satu tahun, Steam masih belum sebesar sekarang, bahkan steam saat itu masih berupa surface distribusi digital yang tujuannya untuk mengirim patch dan update game secara online. Kebanyakan pengguna Steam tidak suka dengan keputusan Valve yang mengharuskan game-gamenya harus diakses melalui Steam. Softwarenya sendiri masih benar benar baru dan banyak bug yang mengganggu meskipun sudah dilengkapi hosting game multiplayer dan software anti-cheating.

Valve belajar dari kesalahan masa lalu, Steam semakin baik saja dari masa ke masa. Semua platform dan kesalahan teknis segera diperbaiki, Steam pun semakin mudah diakses, kecepatannya menjadi lebih baik dan dapat dipercaya. Pada tahun 2005, Valve membuka pintunya lebar lebar bagi publisher pihak ketiga yang ingin bergabung, sehingga Steam menjadi lebih besar dan beraneka ragam. Steam akhirnya menjadi lebih banyak menerima keuntungan.

Tahun 2007, Gabe memberikan komentas pedas kepada para perilis game konsol dan kewajiban Gabe untuk menjual game buatannya dalam format konsol. Gabe berkata bahwa hal tersebut “menyia-nyiakan waktu semua orang” dan “proses yang kacau”.

Sejauh ini, dengan semakin berkembangnya teknologi, Steam semakin besar dengan keterbukaannya menjual game dari publisher mana saja, baik game game dari studio besar maupun studio Indie.

Sumber: Saintia

Gabe Newell atau yang sering disebut Gaben adalah seorang Programmer dan pembisnis yang dikenal sebagai Cofounder dan CEO dari perusahaan pengembang video game Valve Corp. Gabben lahir di Settle, Amerika. Gabben pernah melakukan studi di Harvard University pada awal tahun 1980 sampai tahun 1983, tetapi dia menghentikan studinya pada tahun terakhir studinya sebelum kelulusan.

Setelah itu Gabben keluar dari studinya, Gabben bekerja untuk suatu perusahaan yang begerak dibidang teknologi di Amerika yaitu Microsoft. Gabben bekerja untuk Microsoft selama 13 tahun, bekerja sebagai produser dari beberapa sistem operasi yang dihasilkan oleh perusahaan. Saat bekerja di Microsoft Gabben menyadari bahwa apa yang dia pelajari selama bekerja pada tiga bulan awal di Microsft lebih banyak dibanding saat dia kuliah, itulah yang menjadikan alasan utama Gabben menghentikan studinya. Terinspirasi dari rekan kerjanya yaitu Michael Abrash, yang keluar dari Microsoft untuk bekerja di perusahaan Game Developer, Gabben dan rekan kerjanya yang lain yaitu Mike Harrington, memutuskan untuk ikut keluar dari Microsoft dan membuat perusahaan Valve L.L.C pada tahun 1996. Gabben dan Harrington menggunakan uangnya untuk membuat perusahaan Valve dan mengembangkan Game Engine, yaitu Half-life dan Goldsrc.

Karya Gabben yang sangat menaikan nama dari Valve adalah Steam. Steam adalah sebuah platform penjual video game berbasis online terbesar di dunia. Sekarang Steam memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif dari seluruh dunia. Setiap pengguna Steam membeli suatu video game, steam mendapatkan 30% dari penjualannya. Selain itu, Valve juga menciptakan video game yang sangat populer di dunia, yaitu DOTA 2 dan Team Fortress 2. Valve juga berperan sebagai Co-Producer dari HTC Vive, sebuah perusahan yang memproduksi virtual reality headset dan hardware komputer.

Pada awal tahun 2007, Gabben mengekspresikan kekecewaannya terhadap kinerja timnya dalam menciptakan software games terutama didominasi untuk Playstation 3. Dalam maafnya Gabben berkata bahwa hasil kembangan software game-nya membuang-buang waktu banyak orang. Setelah beberapa waktu, Gabben kembali mengembangkan video game dengan konsol PS3 yaitu Portal 2. Gabben berkata bahwa game ini akan menjadi game versi konsol terbaik.

Gabben memberikan perhatian khusus kepada karyawannya. Gabben ingin memberikan karyawannya kenyaman dalam bekerja. Untuk itu Gabben merekrut seorang Atlet Olympic untuk memberikan training kepada karyawannya, dalam meningkatkan mental positif kepada seluruh karyawannya. Selain itu, Gabe Newell ingin mengembangkan hidup dari para karyawannya, baik secara personal maupun secara profesionalitas kerja. Bahkan Gabben membawa seluruh karyawannya untuk berlibur kehawai. Untuk meningkatkan kinerja dari karyawannya, Gabben menciptakan sebuah gudang yang berisi makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh seluruh karyawannya.

Dalam mengembangkan video game berbasis global, Gabben memiliki strategi yang sangat cermat. Seperti yang diketahui bahwa Valve mengembangkan video game berbasis global yang sangat terkenal, seperti DOTA 2, Team Fortress 2, CS-GO, dan paladin. Setiap game yang dikembangkan oleh Valve selalu mengalami pengembangan setiap waktunya, seperti fitur dan penampilan dari video game tersebut, sehingga para pengguna setia dari video game valve tidak merasa bosan, dan tidak berhenti bermain video game yang dikembangkan oleh Valve. Selain itu, Gabben sangat mengapresiasi setiap video game developer yang ada diseluruh dunia, baik video game developer secara individu maupun kelompok. Seluruh video game developer dapat menjual hasil karyanya di Steam secara bebas, sehingga para developer memiliki wadah dalam berkarya.

REFERENSI

https://www.forbes.com/profile/gabe-newell/

Gabe Newell atau biasa disingkat Gaben oleh fans, adalah co-founder dari Valve Corporation. Beliau adalah salah satu orang di balik kesuksesan game seperti Half-Life, Counter Strike, Portal, Team Fortress, dan Left 4 Dead. Selain kontribusi besar melalui game, beliau juga salah satu orang yang berperan besar dalam pengembangan layanan distribusi game secara digital paling besar di dunia, Steam.

Newell adalah seorang drop-out dari Harvard University yang bekerja untuk Microsoft. Setelah 13 tahun bekerja untuk Microsoft, terinspirasi dari rekan kerja beliau yaitu Michael Abrash yang keluar dari Microsoft untuk mengerjakan Quake untuk id Software, Newell dan Mike Harrington memutuskan untuk keluar dari Microsoft dan mulai mengerjakan game berjudul Half-Life. Saat mengerjakan game ini, mereka menggunakan dana dari tabungan pribadi, dan mulai menerima keuntungan setelah Half-Lifedirilis dengan respon yang luar biasa positif. Setelah kesuksesan Half-Life, Harrington meninggalkan Valve dan memutuskan kerja samanya dengan Newell, membuat Newell menjadi pemilik utama dari Valve.

Newell terkenal akan komentarnya yang selalu blak-blakan terhadap keadaan industri video game. Salah satu contohnya adalah saat dia mengatakan bahwa mengembangkan game untuk PS3 adalah hal yangmenyusahkan dan seharusnya ditinggalkan, walaupun setelah ada konfirmasi bahwa Portal 2 akan dirilis di PS3, Newell meminta maaf atas pernyataan dia yang sebelumnya. Selain mengkritisi Sony, Newell juga pernah mengkritisi Microsoft dan mengatakan bahwa layanan Xbox Live adalah suatu hal yang sangat kacau. Dia juga pernah mengkritisi Windows 8 dan mengatakan bahwa OS ini mengacaukan sifat dasar dari PC gaming yang terbuka.

Meskipun sering mengutarakan apa yang ada di pikirannya dengan terang-terangan, tidak bisa dipungkiri bahwa kontribusi beliau terhadap industri game sangatlah besar. Tidak mengherankan tahun 2013 ini Newell mendapatkan kehormatan untuk masuk Hall of Fame dari Academy of Interactive Arts & Sciences.


Kehidupan Pribadi NEWELL

Newell lahir pada tanggal 3 November 1962, di Seattle , Washington . [17] Ia menghadiri Harvard University dari tahun 1980 sampai 1983, akhirnya putus sekolah. Dia menikahi Lisa Mennet Newell pada tahun 1996.
Newell menyatakan bahwa beberapa game favoritnya adalah Super Mario 64 , Doom , dan versi mainframe Burroughs dari Star Trek . [20] Doom meyakinkannya bahwa permainan adalah masa depan hiburan, dan Super Mario 64 meyakinkannya bahwa permainan adalah bentuk seni .

Newell sebelumnya menderita distrofi Fuchs , penyakit bawaan yang mempengaruhi kornea , namun disembuhkan oleh dua transplantasi kornea pada tahun 2006 dan 2007.


unnamed
Sejarah Steam dari Valve Coporation yang di temukan oleh Gabe Newell

Steam dibuat oleh Developer game bernama Valve, yang didirikan oleh Gabe Newell atau biasa dipanggil “Lord Gaben” oleh para Gamers, pada tahun 1996

Setelah Drop-out dari Harvard, Gabe bekerja di Microsoft selama 13 tahun, dan ikut bagian dalam pengembangan Windows generasi awal.
pada tahun 1996, Gabe bersama rekan kerjanya Mike Harrington memutuskan untuk meninggalkan Microsoft dan membuat perusahaan sendiri dengan uang yang mereka kumpulkan selama bekerja di Microsoft

Pada awal project tahun 2002, banyak pihak yang menyindir Project Steam dengan mengatakan bahwa “Steam tidak akan berhasil” bahkan menertawakan membayangkan menjual game secara online adalah konsep yang sama sekali asing dan belum pernah dilakukan.
Meskipun banyak menerima pandangan negatif, Gabe tetap percaya pada visinya bahwa Steam adalah masa depan platform gaming.

Pada tahun 2007 Gabe mengeksperesikan ketidakpuasannya terhadap konsol dan keharusan menjual game yang dibuatnya dalam bentuk konsol, karena dianggap “menyia-nyiakan waktu semua orang” dan “kekacauan pada banyak proses”
Gabe juga melemparkan cemooh pada layanan “Xbox live” dengan menyebutnya “Kereta rusak”.

Dan hasilnya membuat banyak orang yang mencemooh Steam terpaksa menjilat ludah sendiri, Tertanggal Januari 2014, lebih dari 3000 Games tersedia melalui Steam, dengan User-aktif sebanyak 75 juta user. pada Oktober 2013Screen Digest mengestimasi sebanyak 75% Pembelian PC games melalui online adalah melalui Steam, Market-sharedengan angka fantastis.

Pada Desember 2010, Forbes mendaftarkan Newell sebagai “nama yang perlu anda ketahui” dikarenakan Steam memiliki hubungan kerja sama dengan banyak developer besar. Pada Maret 2012, Forbes mengestimasi kekayaan Newell sebesar $1.5 Milliar, menempati ranking 854 orang terkaya didunia.


Referensi
-https://www.forbes.com/profile/gabe-newell/
-https://www.neowin.net/news/gabe-newell-i-learned-more-in-three-months-at-microsoft-than-entire-time-at-harvard
-http://www.bbc.com/news/technology-18996377
-http://gambut69.blogspot.co.id/2015/04/biografi-gabe-new.html

Siapasih yang gak kenal nama serta wajah Gabe Newell? Mungkin sudah tidak asing lagi untuk kalian para gamer PC. Tak hanya sebagai penemu serta CEO dari tim developer dibalik game-game favoritmu seperti Half-Life dan Team Fortress, pria yang juga sering dikenal sebagai Gaben atau Lord “Gaben” ini telah memperkenalkan platfarommembeli game yaitu Steam. Gabe Logan Newell sendiri adalah salah satu dari Founder and Manager director dari Valve Corporation. Gaben terkenal dengan ukuran tubuhnya yang besar, dan hubungannya dengan pendistribusian game digital yaitu Steam. Gaben lahir pada tanggal 3 November 1962 di Seattle, Washington DC, Amerika Serikat. Gaben pernah Drop Out dari universitas Harvard Karena dia ditawarkan untuk bekerja di Microsoft pada tahun 1983. Gabe mengetahui cara berbisnis dari Bill Gates setelah dia bekerja di Microsoft.

Gabe bekerja selama 13 tahun di Microsoft, dan pada tahun 1996 Gaben Bersama rekan kerjanya Mike Harrington memutuskan untuk meninggalkan Miccrosoft dan membuat perusahaan sendiri dengan uang yang mereka kumpulkan selama bekerja di Microsoft.

Pada awal project tahun 2002, banyak pihak yang menyindir Project Steam dengan mengatakan bahwa “Steam tidak akan berhasil”. Namun bukan hanya itu saja, bahkan banyak yang menertawakan Karena membayangkan menjual game secara online adalah konsep yang sama sekali asing dan belum pernah dilakukan. Meskipun banyak menerima pandangan negative, gabe tetap percaya pada visinya bahwa Steam adalah masa depan platform gaming.

Pada tahun 2007 Gabe mengekspresikan ketidak puasannya terhadap konsol dan keharusan menjual game yang dibuatnya dalam bentuk konsol, dan harus produksi CD kemudian dijual. Karena dianggap “menyia-nyiakan waktu semua orang” dan “kekacayan pada banyak proses”. Dapat pula menambah biaya Karena harus mendistribusikannya. Gabe juga melemparkan ccemooh pada layangan “Xbox live” dengan menyebutnya “kereta rusak”. Sehingga hasilnya membuat banyak orang yang mencemooh Steam terpaksa menjilat ludahnya sendiri.

Pada bulan januari 2014, lebih dari 3000 games tersedia melalui Steam, dengan User Aktif sebanyak 75 juta user.

Pada bulan oktober tahun 2013 Screen Digest mengestimasi sebanyak 75% pembelian PC games melalui online adalah melalui Steam, Market-share dengan angka fantastis.

Pada bulan desember 2010, Forbes mendaftarkan Newell sebagai “nama yang perlu anda ketahui” Karena Steam memiliki hubungan kerja sama dengan banyak developer besar. Pada maret 2012, orbes mengestimasi kekayaan Newell sebesar $1.5 Miliar, menempati ranking 854 orang terkaya didunia.

Pada Agustus 2017, Forbes mengestimasi kekayaan Newell sebesar $5.5 Miliar, menempati ranking 43 orang terkaya dalam hal teknologi. Valve Corporation biasanya lebih identik dikenal sebagai pembuat dan publisher game Dota 2. Selain itu juga Karena kesuksesan game Counter Strike.

Fakta Tentang Gabe Newell


  1. Gaben bekerja di Microsoft sebelum membentuk valve

  2. Gaben adalah Pecinta pisau.

  3. Gaben pernah menangkap hacker dengan cara membuat “interview palsu”.

  4. ID Software adalah Inspirasi Utama Gaben membentuk Valve.

  5. Gabe Newell telah memimpin Valve Corp.m yang mengembangkan game, sejak dia mendirikannya pada tahun 1998 dengan mantan rekan Microsoft Mike Harrington.

Quotes by Lord Gaben


“I’ve always wanted to be a giant space crab.”

“The programmers of tomorrow are the wizards of the future.”

“Don’t ever, ever try to lie to the internet.”

“I’m a handsome mand with a charming personality.”

“Traditional credentialing really doesn’t have a lot of predictive value to if people will be successful.”

Referensi


Untuk kalian para gamers, siapa yang tidak kenal dengan pria bertubuh lebar kelahiran Amerika Serikat, 3 November 1962 ini? Yap ia adalah Gabe Newell atau biasa dipanggil “Lord Gaben”, pendiri developer game bernama Valve yang membuat Steam pada tahun 1996. Newell tumbuh di Davis, California dan lulus dari Davis Senior High School pada tahun 1980 yang selanjutnya melanjutkan pendidikan di Harvard University sampai 1983.

Setelah Drop-out dari Harvard, Gabe bekerja di Microsoft selama 13 tahun, dan ikut bagian dalam pengembangan Windows generasi awal. Pada tahun 1996, Gabe bersama rekan kerjanya Mike Harrington memutuskan untuk meninggalkan Microsoft dan membuat perusahaan sendiri dengan uang yang mereka kumpulkan selama bekerja di Microsoft.

Pada awal project tahun 2002, banyak pihak yang menyindir Project Steam dengan mengatakan bahwa “Steam tidak akan berhasil” bahkan menertawakan membayangkan menjual game secara online adalah konsep yang sama sekali asing dan belum pernah dilakukan.
Meskipun banyak menerima pandangan negatif, Gabe tetap percaya pada visinya bahwa Steam adalah masa depan platform gaming.

Pada tahun 2007 Gabe mengeksperesikan ketidakpuasannya terhadap konsol dan keharusan menjual game yang dibuatnya dalam bentuk konsol, karena dianggap “menyia-nyiakan waktu semua orang” dan “kekacauan pada banyak proses”
Gabe juga melemparkan cemooh pada layanan “Xbox live” dengan menyebutnya “Kereta rusak”. Dia juga pernah mengkritisi Windows 8 dan mengatakan bahwa OS ini mengacaukan sifat dasar dari PC gaming yang terbuka.

Meskipun sering mengutarakan apa yang ada di pikirannya dengan terang-terangan, tidak bisa dipungkiri bahwa kontribusi beliau terhadap industri game sangatlah besar. Tidak mengherankan tahun 2013 ini Newell mendapatkan kehormatan untuk masuk Hall of Fame dari Academy of Interactive Arts & Sciences.

Dan hasilnya membuat banyak orang yang mencemooh Steam terpaksa menjilat ludah sendiri, Tertanggal Januari 2014, lebih dari 3000 Games tersedia melalui Steam, dengan User aktif sebanyak 75 juta user. Pada Oktober 2013 Screen Digest mengestimasi sebanyak 75% pembelian PC games melalui online adalah melalui Steam, Market-share dengan angka fantastis.

Pada Desember 2010, Forbes mendaftarkan Newell sebagai “nama yang perlu anda ketahui” dikarenakan Steam memiliki hubungan kerja sama dengan banyak developer besar. Pada Maret 2012, Forbes mengestimasi kekayaan Newell sebesar $1.5 Milliar, menempati ranking 854 orang terkaya didunia. Gabe Newell masuk dalam daftar 400 orang terkaya versi Forbes.

Tak cuma jadi orang terkaya, ternyata kekayaan Gabe juga berhasil menyalip jumlah kekayaan milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Gabe berada di posisi 134 dalam daftar tersebut, sementara Sang Presiden hanya berada di posisi 156. Gabe mengatakan bahwa komunitas PC gaming adalah faktor yang membuat PC gaming masih ada hingga saat ini.

Ajaibnya, Valve tidak memiliki hirarki yang eksplisit. Seperti yang dijelaskan beberapa orang, yang menjadi dasar dalam organisasi ini adalah prinsip anarcho-syndicalism. Sebuah prinsip yang efektif, dimana masing-masing orang memiliki interaksi yang bebas dengan orang lainnya.

Dalam merekrut atau memecat orang, Valve tidak memiliki aturan khusus. Keputusan-keputusan penting itu dilakukan dengan mengalir seiring pembicaraan dua orang di koridor. Pemberian bonus yang dapat mencapai 10 kali lipat dari gaji pokok misalnya, diputuskan berdasarkan review rekan kerja tanpa adanya pengambil keputusan tunggal.

Mobilitas dalam organisasi adalah aset yang penting dan semua orang menyadarinya. Oleh karena itu, meja kerja setiap orang berada di atas kendaraannya. Setiap orang dapat berpindah tim kerja dengan mudah.

Sumber :
http://www.businessinsider.sg/who-is-gabe-newell-career-net-worth-2017-1/?r=US&IR=T
https://thenextweb.com/gaming/2017/01/18/valves-gabe-newell-confirms-a-new-single-player-game-is-coming-doesnt-rule-out-half-life-3/#.tnw_gMmMeTbg
http://marketeers.com/valve-corporation-perusahaan-miliaran-dolar-tanpa-bos/


Sang Pendiri Steam, Gebe Newell


Siapa itu Gabe Newell? Para Gamers pasti sudah tidak asing mendengarnya.

Gabe Newell adalah orang yang memiliki peranan penting dalam kesuksesan permainan PC DOTA 2 dan Counter Strike. DOTA 2 dan Counter Strike saat ini bisa dibilang 2 game yang sangat populer. Dua game itu selalu diminati oleh banyak kalangan remaja maupun anak anak seiring berjalanya waktu. Terutama DOTA 2 yang setiap tahun nya diadakan Tournament Internasional dimana Professional Team dari berbagai belahan dunia yang bertanding untuk memperebutkan hadiah yang mencapai jutaan dollar. Bahkan sering juga DOTA 2 digunakan sebagai ajang pertandingan antar kelas maupun antar jurusan di sebuah Fakultas. Benar-benar fantastis hanya untuk ukuran pertandingan sebuah game saja. Belum lagi Professional Team ini bukan lah sebuah team yang bermain tanpa arah dan tujuan yang jelas. Team-team ini sudah seperti layaknya team sepak bola dimana para pemain nya digaji dan memiliki manajemen untuk mengatur perkembangan team tersebut. Itulah yang perlu kita ketahui dari sisi luar nya, dan mulai memahami sisi dalam nya yaitu mengenal Gabe Newell.

DOTA 2 dan Counter Strike mungkin tidak akan pernah ada bila Gabe Newell tidak keluar dari Microsoft pada tahun 2013. Gabe Newell atau biasa disebut oleh gamer steam sebagai Lord Gaben, adalah co-founder dari valve. Valve corporation ini lah yang bersama teman nya dari Microsoft Mike Harrington, Gabe mengembangkan game Half-Life dengan uang yang mereka kumpulkan selama bekerja di Microsoft yang menjadi awal dari game Counter Strike yang saat ini begitu populer dengan genre First Person Shooter (FPS). Selanjutnya Gabe mengembangkan Half-Life menjadi Half-Life 2.

Ditengah pengembangan pemainan Half-Life 2, Gabe mulai mengembangkan Steam Project, yaitu aplikasi digital yang mendistribusikan games-games original secara online. Pada awalnya orang-orang mencemooh Steam Project ini karena dianggap menjual game secara online adalah konsep yang asing. Namun Gabe memiliki keyakinan Steam Project akan menjadi masa depan platform gaming. Dari Steam ini, Gabe ingin membuat sebuah komunitas untuk semua pemain dan fans Valve dalam satu wadah. Dan akhirnya saat ini keyakinan Gabe terbukti dengan Steam merajai penjualan games-games secara online yang membuat Gabe mendapatkan kekayaan sebesar $2.2 Milliar dan menempati rangking 1415 orang terkaya dunia. Dengan kontribusinya dalam industri Video Games, Gabe mendapatkan penghargaan BAFTA Fellowship pada Maret 2013 karena pencapaian dan kreativitasnya yang luar biasa.

Pada Desember 2010, Forbes menyebut Gabe Newell sebagai “A Name You Should Know” atau nama yang perlu kita ketahui. Gabe Newell memiliki nama lengkap Gabe Logan Newell. Ia lahir pada 3 November 1962 di Seattle, Washington. Newell tumbuh di Davis, California dan lulus dari Davis Senior High School pada tahun 1980 yang selanjutnya melanjutkan pendidikan di Harvard University sampai 1983. Di Harvard University ini Gabe Newell Drop Out atau dikeluarkan setelah menerima ajakan Steve Balmer untuk bekerja di Microsoft. Selanjutnya ia bekerja di Microsoft selama 13 tahun dan memiliki peranan dalam pengembangan Windows generasi awal keluaran Microsoft dan ia juga menjadi seorang Microsoft Millionaire karena berhasil memperoleh total gaji lebih dari satu juta dollar. Pada tahun 1996, dengan mereka sebagai Microsoft Millionaire, Gabe Newell keluar dari Microsoft untuk mengembangkan perusahaan sendiri yang lahirlah Valve dengan teman nya Mike Harrington.

Strategi Valve

  • Valve tidak memiliki hirarki yang eksplisit, yang menjadi dasar dalam organisasi ini adalah prinsip anarcho-syndicalism yaitu dimana masing-masing orang memiliki interaksi yang bebas dengan orang lainnya

  • Dalam merekrut atau memecat orang, Valve tidak memiliki aturan khusus. Keputusan-keputusan penting itu dilakukan dengan mengalir seiring pembicaraan dua orang di koridor.

  • Pemberian bonus yang dapat mencapai 10 kali lipat dari gaji pokok misalnya, diputuskan berdasarkan review rekan kerja tanpa adanya pengambil keputusan tunggal.

  • Mobilitas dalam organisasi adalah aset terpenting. Oleh karena itu, meja kerja setiap orang berada di atas kendalinya. Setiap orang dapat berpindah tim kerja dengan mudah

Sumber :
-http://www.forbes.com/profile/gabe-newell/
-https://en.wikipedia.org/wiki/Gabe_Newell
-http://marketeers.com/valve-corporation-perusahaan-miliaran-dolar-tanpa-bos/

Untuk kalian para gamers, siapa yang tidak kenal dengan pria bertubuh lebar kelahiran Amerika Serikat, 3 November 1962 ini? Yap ia adalah Gabe Newell atau biasa dipanggil “Lord Gaben”, pendiri developer game bernama Valve yang membuat Steam pada tahun 1996. Newell tumbuh di Davis, California dan lulus dari Davis Senior High School pada tahun 1980 yang selanjutnya melanjutkan pendidikan di Harvard University sampai 1983.

Setelah Drop-out dari Harvard, Gabe bekerja di Microsoft selama 13 tahun, dan ikut bagian dalam pengembangan Windows generasi awal. Pada tahun 1996, Gabe bersama rekan kerjanya Mike Harrington memutuskan untuk meninggalkan Microsoft dan membuat perusahaan sendiri dengan uang yang mereka kumpulkan selama bekerja di Microsoft.

Pada awal project tahun 2002, banyak pihak yang menyindir Project Steam dengan mengatakan bahwa “Steam tidak akan berhasil” bahkan menertawakan membayangkan menjual game secara online adalah konsep yang sama sekali asing dan belum pernah dilakukan.
Meskipun banyak menerima pandangan negatif, Gabe tetap percaya pada visinya bahwa Steam adalah masa depan platform gaming.

Pada tahun 2007 Gabe mengeksperesikan ketidakpuasannya terhadap konsol dan keharusan menjual game yang dibuatnya dalam bentuk konsol, karena dianggap “menyia-nyiakan waktu semua orang” dan “kekacauan pada banyak proses”
Gabe juga melemparkan cemooh pada layanan “Xbox live” dengan menyebutnya “Kereta rusak”. Dia juga pernah mengkritisi Windows 8 dan mengatakan bahwa OS ini mengacaukan sifat dasar dari PC gaming yang terbuka.

Meskipun sering mengutarakan apa yang ada di pikirannya dengan terang-terangan, tidak bisa dipungkiri bahwa kontribusi beliau terhadap industri game sangatlah besar. Tidak mengherankan tahun 2013 ini Newell mendapatkan kehormatan untuk masuk Hall of Fame dari Academy of Interactive Arts & Sciences.

Dan hasilnya membuat banyak orang yang mencemooh Steam terpaksa menjilat ludah sendiri, Tertanggal Januari 2014, lebih dari 3000 Games tersedia melalui Steam, dengan User aktif sebanyak 75 juta user. Pada Oktober 2013 Screen Digest mengestimasi sebanyak 75% pembelian PC games melalui online adalah melalui Steam, Market-share dengan angka fantastis.

Pada Desember 2010, Forbes mendaftarkan Newell sebagai “nama yang perlu anda ketahui” dikarenakan Steam memiliki hubungan kerja sama dengan banyak developer besar. Pada Maret 2012, Forbes mengestimasi kekayaan Newell sebesar $1.5 Milliar, menempati ranking 854 orang terkaya didunia. Gabe Newell masuk dalam daftar 400 orang terkaya versi Forbes.

Tak cuma jadi orang terkaya, ternyata kekayaan Gabe juga berhasil menyalip jumlah kekayaan milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Gabe berada di posisi 134 dalam daftar tersebut, sementara Sang Presiden hanya berada di posisi 156. Gabe mengatakan bahwa komunitas PC gaming adalah faktor yang membuat PC gaming masih ada hingga saat ini.

Ajaibnya, Valve tidak memiliki hirarki yang eksplisit. Seperti yang dijelaskan beberapa orang, yang menjadi dasar dalam organisasi ini adalah prinsip anarcho-syndicalism. Sebuah prinsip yang efektif, dimana masing-masing orang memiliki interaksi yang bebas dengan orang lainnya.

Dalam merekrut atau memecat orang, Valve tidak memiliki aturan khusus. Keputusan-keputusan penting itu dilakukan dengan mengalir seiring pembicaraan dua orang di koridor. Pemberian bonus yang dapat mencapai 10 kali lipat dari gaji pokok misalnya, diputuskan berdasarkan review rekan kerja tanpa adanya pengambil keputusan tunggal.

Mobilitas dalam organisasi adalah aset yang penting dan semua orang menyadarinya. Oleh karena itu, meja kerja setiap orang berada di atas kendaraannya. Setiap orang dapat berpindah tim kerja dengan mudah.

Sumber :
https://www.forbes.com/profile/gabe-newell/
http://www.businessinsider.sg/who-is-gabe-newell-career-net-worth-2017-1/?r=US&IR=T
http://marketeers.com/valve-corporation-perusahaan-miliaran-dolar-tanpa-bos/