Fred Valentich, diculik UFO?

Pria Australia itu menerbangkan pesawat kecil ketika dia mengatakan kontrol lalu lintas udara tentang benda aneh yang terbang di dekatnya, terpotong di tengah kalimat, dan menghilang. Apakah dia diculik UFO?

Peneliti utama George Simpson, salah satu orang terakhir yang melihat pesawat di langit, mengatakan bahwa petani, jika masih hidup, mungkin memiliki informasi untuk memecahkan misteri tersebut.

Dia mengakui tidak ada bukti, tetapi mengatakan itu adalah petunjuk baru terbaik untuk kasus yang telah membuat orang Australia tergelitik selama beberapa dekade. “Sangat mudah bagi beberapa orang untuk mengabaikan, tetapi ada cerita yang menguatkan yang mengonfirmasi bahwa ada sebuah UFO dekat Adelaide pada saat itu,” kata Simpson.

Mr Valentich telah berada di penerbangan kargo rutin ke Pulau Raja pada Oktober 1978 ketika dia menghilang.

Dalam percakapan terakhirnya dengan kontrol lalu lintas udara, dia melaporkan sebuah objek melayang di depannya dan mengatakan benda itu “bukan pesawat terbang”. Itu adalah hal terakhir yang dikatakan Mr Valentich sebelum suara klik logam aneh terdengar dan transmisi berhenti.

Pencarian ekstensif gagal menemukan jejak pesawat atau pilot.

“Ini adalah pilot berpengalaman yang seharusnya bisa mengidentifikasi pesawat lain tetapi jelas tidak bisa,” kata Simpson.

Menambah misteri, foto amatir yang diambil di daerah malam itu menunjukkan bentuk gelap yang tidak dapat diidentifikasikan di langit.

Peneliti juga mencoba menemukan salinan transmisi terakhir Valentich yang awalnya disiarkan di stasiun radio Melbourne 3XY.

Kasus Valentich akan berada di antara serangkaian file X-Australia yang akan dibahas ketika kelompok Aksi UFO Victoria menjadi tuan rumah konferensi “Age of Reason” pada 6 September.