Festival Kebudayaan Unik Khas Indonesia yang Wajib Didatangi!

Festival Reog Ponorogo

Setiap tahun menjelang bulan Suro atau Muharam terdapat festival unik yang kebudayaanya sudah mendunia, tepatnya di Bumi Reog, Ponorogo. Festival Reog Ponorogo atau juga Festival Reog Nasional adalah sebuah festival kebudayaan yang diperingati oleh warga Jawa Timur di Alun-Alun Ponorogo dalam rangka Grebeg Suro. Festival ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004 dan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

Keberadaan Reog memang tidak bisa dilepaskan dari terbentuknya Ponorogo. Hal ini berkaitan erat dengan legenda Dewi Songgolangit dan Prabu Klonosewandono.

Keren ya, di Toraja juga ada namanya Festival Adat Rambu Solo. Rambu Solo adalah upacara kematian dan pemakaman di Tana Toraja. Ridual adat ini mengantarkan arwah yang meninnggal ke alam roh, meskipun terdengar menyeramkan namun banyak wisatawasn terutama dari mancanegara yang ingin menyaksikan ritual ini. Puncak upacara Rambu Solo biasanya berlangsung pada bulan Juli dan Agustus. Saat itu orang Toraja yang merantau di seluruh Indonesia akan pulang kampung untuk ikut serta dalam rangkaian acara ini. Kedatangan orang Toraja tersebut diikuti pula dengan kunjungan wisatawan mancanegara.

Pada upacara Rambu Solo ada ritual yang tidak boleh dilewatkan yaitu penyembelihan kerbau atau Mantunu. Semakin kaya yang meninggal, maka semakin banyak kerbau yang dikorbankan. Bagi kalangan bangsawan yang meninggal maka mereka memotong 24 hingga 100 ekor kerbau. Satu diantara kerbau tersebut ada kerbau belang yang harganya terkenal sangat mahal. Selain kerbau, ada juga ratusan babi yang disembelih pada puncak upacara Rambu Solo yang diiringi musik dan tarian.